Infonitas > Serpong > Pendidikan >

DKV UPH dan WGD Tampilkan Karya Peter Bankov di Poster Exhibition 2018

Jumat, 9 November 2018 | 17:56 WIB

Editor : Oktaviani

Reporter : Alfi Dinilhaq

Designer ternama Rusia, Peter Bankov memberikan workshop di Universitas Pelita Harapan, Karawaci.
Designer ternama Rusia, Peter Bankov memberikan workshop di Universitas Pelita Harapan, Karawaci.
Foto : istimewa

Designer ternama asal rusia, Peter Bankov hadir di Poster Exhibition 2018, Universitas Pelita Harapan, Lippo Village, Karawaci.

SERPONG - Program studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual Universitas Pelita Harapan (DKV UPH) bekerja sama dengan Worldwide Graphic Designers (WGD) menyelenggarakan Poster Exhibition 2018 yang menghadirkan karya Peter Bankov, poster designer ternama asal Rusia. Bankov dikenal sebagai seniman unik yang selalu hadir dengan pendekatan eksperimental dalam setiap karya posternya.
 
Pameran ini berlangsung dari tanggal 5-16 November 2018 di School of Design Multifunction Room, Gedung B Lt. 1 UPH Lippo Village, Karawaci. Sebelumnya, pada tanggal 15 Oktober 2018 telah diselenggarakan workshop bagi mahasiswa DKV UPH yang diberikan oleh Peter Bankov secara melalui video offline dan diikuti 60 mahasiswa DKV. 
 
Dari workshop ini tiap peserta membuat karya poster bertema masalah polusi lingkungan. Setelah dikurasi oleh Bankov beserta tim DKV UPH, terpilih 20  poster  yang dipamerkan bersama 40 poster karya Bankov dalam Poster Exhibition 2018.
 
Lewat acara-acara ini, DKV UPH ingin mengenalkan kepada mahasiswa khususnya, mengenai dunia poster internasional. “Sebagai bagian dari fakultas desain, kami ingin karya poster artis internasional ini menjadi referensi poster bertaraf internasional, sehingga ke depannya mahasiswa bisa membuat karya yang bisa diterima di dunia internasional,” ungkap Eston Kamelang Mauleti, Dosen DKV UPH.
 
Eston juga mengatakan bahwa belakangan ini karya-karya poster lebih berkiblat ke negara-negara Eropa Barat dan Amerika Serikat. Padahal karya-karya seniman dari Eropa Timur, seperti Bankov, juga tak kalah bagus dan mengandung nilai seni yang tinggi.
 
“Inilah yang mendasari DKV UPH mengundang Peter Bankov yang juga anggota WGD, untuk mengadakan pameran di sini,” ujarnya. 
 
WGD sendiri merupakan sekelompok desainer grafis yang mengatur proyek desain poster dengan konten sosial. Seluruh anggotanya berasal dari berbagai negara di penjuru dunia yang diundang untuk membuat poster kolaborasi, untuk meningkatkan kesadaran, sensitisasi, dan refleksi sosial.