Infonitas > Serpong > Laporan Utama >

Target Retribusi Pemakaman Disperkimta Kota Tangsel Rp 200 Juta

Jumat, 14 Sepember 2018 | 14:54 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Alfi Dinilhaq

Ilustrasi Pemakaman
TPU Pondok Benda, Pamulang, Kota Tangerang Selatan.
Foto : istimewa

Disperkimta Kota Tangsel mensinyalir, rendahnya penerimaan retribusi pemakaman selama ini, lantaran banyaknya TPU berstatus tanah waqaf.

TANGSEL – Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangerang Selatan (Kota Tangsel) menilai, target penerimaan uang dari retribusi pemakaman di Kota Tangsel masih sangat rendah.

Sekdis Perkimta Kota Tangsel Mukoddas Syuhada mengatakan, minimnya nilai pungutan retribusi tersebut, dikarenakan mayoritas status kepemilikan lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada saat ini merupakan tanah waqaf.

Untuk itu, lanjutnya, Disperkimta Kota Tangsel menargetkan Rp 200 juta per tahun yang berasal dari tujuh lokasi TPU yang resmi dikelola oleh Pemkot Tangsel yang ada di tujuh kecamatan berbeda.

"Disperkimta Kota Tangsel menargetkan Rp 200 juta per tahun dan retribusi pemakaman per jiwa ditentukan oleh blok. Di blok A dipatok retribusi sebesar Rp 250 ribu, blok B dikenakan tarif senilai Rp200 ribu, blok C dikenai tarif Rp 150 ribu dan blok D Rp 100 ribu. Dana ini untuk 3 tahun dan dapat diperpanjang tiap 3 tahun," jelasnya.