Infonitas > Serpong > Laporan Utama >

Pentungan PBB, Bapenda Tangsel Berhasil Kumpulkan Rp 230 Juta

Kamis, 12 Juli 2018 | 18:45 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Alfi Dinilhaq

Petugas Bapenda Tangsel terlihat mendatangi warga Bintaro menagih PBB.
Petugas Bapenda Tangsel terlihat mendatangi warga Bintaro menagih PBB.
Foto : Alfi Dinilhaq

Meski terkendala soal kepemilikan nama, Bapenda Tangsel berhasil mengumpulkan Rp 230 juta wajib pajak PBB warga Bintaro lewat program Pentungan PBB.

BINTARO - Selama empat hari, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakasanakan program Penagihan Tunggakan (Pentungan) Pajak Bumi Bangunan (PBB) dari rumah ke rumah di Perumahan Senayan Bintaro sejak tanggal 9 - 12 Juli 2018. 

Indri Sari Yuniandri, Kepala Bidang Pajak Daerah Satu Bapenda Kota Tangsel mengatakan bahwa selama empat hari mendapatkan PBB dengan total Rp 203 Juta. 

“Nominal PBB yang sudah dengan rincian pada Senin (9/7)  Rp 49 juta, Selasa (10/7) Rp 56 juta, Rabu (11/7) sebesar Rp 37 juta dan Kamis (12/7) Rp 64 juta,” jelasnya Kamis (12/7/2018).   

Petugas Pentungan PBB juga banyak kendala di lapangan ketika rumah tersebut masih dalam nama pengembang. Jumlah tunggakan juga bervariasi antara 3 sampai 5 tahun. 

"Banyak di antara pemilik rumah yang belum balik nama dan tunggakan setiap wajib pajak berbeda-beda, maka dari itu kita lakukan kunjungan dari satu pintu ke pintu untuk melakukan kroscek apakah benar kalau mereka belum membayar PBB,” pungkas Indri.