Infonitas > Serpong > Laporan Utama >

Pemulung di Setu Tangsel Dapat Pelatihan Pemanfaatan Plastik

Jumat, 12 Oktober 2018 | 17:18 WIB

Editor : Oktaviani

Reporter : Alfi Dinilhaq

Pelatihan pemanfaatan plastik di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.
Pelatihan pemanfaatan plastik di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan.
Foto : Alfi Dinilhaq

Para pemulung di Kecamatan Setu, Tangerang Selatan mendapat pelatihan pemanfaatan plastik.

TANGERANG SELATAN - Pemulung di wilayah Kecamatan Setu, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mendapatkan  Pelatihan Pemanfaatan Sampah Plastik di Rumah Singgah Dinas Sosial, Kota Tangsel, Jumat, (12/10). 

Sebanyak 30 pemulung yang berasal dari Kecamatan Setu ini mengikuti pelatihan dengan tujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan ekonomi pemulung yang beraktifitas di sekitar Kecamatan Setu.

Hadiyana, Kasi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Kota Tangsel mengatakan pembinaan dan pelatihan kepada pemulung ini diberikan untuk meningkatkan keterampilan para pemulung, dalam membuat produk kreatif bernilai ekonomi.

Pekerja non formal ini memiliki daya juang untuk meningkatkan taraf hidupnya, maka harus dibina untuk memperoleh keterampilan dan kebisaan lebih agar derajat ekonominya lebih baik.

“Mendongkrak kreatifitas pemulung, karena biasanya hanya memungut botol. Ini ditambah kemampuanya, untuk membuat kerajinan dari barang bekas yang mereka ambil. Setelah terampil mereka bisa menciptakan kesempatan ekonominya lebih baik,” jelasnya.

Sebelum mengikuti pembinaan dan pelatihan pemanfaatan bahan daur ulang itu, para pemulung dibekali dengan pengetahuan dan pemanfaatan bahan daur ulang dari limbah (sampah). 

“Pembinaannya kemarin dari BPPT Puspiptek kalau pelatihanya hari ini oleh IPEMI (Ikatan Pengusaha Muslim Kota Tangsel),” papar Hadiyana.