Infonitas > Serpong > Komunitas >

GOW Tangerang Ajak Kaum Perempuan Terus Berkarya

Selasa, 13 Maret 2018 | 16:56 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Ade Indra Kusuma

GOW Tangerang.
GOW Tangerang.
Foto : Ade Indra Kusuma

GOW Tangerang merupakan gabungan 17 organisasi wanita di Tangerang. Tujuan GOW mengajak kaum perempuan terus berkarya.

TANGERANG - Kata siapa ibu-ibu hanya bisa diam dirumah? Kaum ibu kini bisa aktif dalam satu organisasi. Contohnya di Gerakan Organisasi Wanita (GOW) yang telah tersebar di seluruh Indonesia. Salah satunya adalah GOW Kota Tangerang, yang merupakan gabungan 17 organisasi wanita yang ada di Kota Tangerang. Mereka di antaranya Persit, Srikandi, Bhayangkari, Nurul Hidayah, IWAPI dan lain-lain.

Organisasi ini cukup aktif. Setiap bulan mereka rutin berkumpul dan melakukan pelatihan bagi para ibu dan wanita."Kita berikan pelatihan agar para wanita dan ibu bisa memiliki keahlian dan keterampilan dalam bekerja dan usaha," ujar Yuniarti Ketua GOW Kota Tangerang.

Dikatakan wanita yang akrab disapa Yuni ini, setiap wanita memang memiliki kodrat untuk membantu keluarga. Tapi bisa juga bekerja tapi tidak boleh meninggalkan kewajiban di rumah sebagai ibu rumah tangga. "Anggota kita harus terampil bekerja juga harus mengutamakan kerja dirumah agar tidak ketinggalan dalam mengurus rumah tangga," katanya.

Selain pelatihan, lanjut Yuni, GOW juga rutin mengadakan pertemuan untuk membahas berbagai kegiatan wanita dan pebisnis wanita yang ada di Kota Tangerang. Sharing sering dilakukan agar para ibu yang bekerja juga bisa memiliki keterampilan lebih.

Selain itu juga mereka aktif di berbagai event tentang UKM di Kota Tangerang seperti Tangerang Expo beberapa waktu lalu. "Kita ingin semua ibu di Kota Tangerang bisa bergabung dengan organisasi kami agar bisa aktif dan bisa memiliki pengetahuan serta pengalaman lebih dari organisasi," imbuhnya.

Melihat Kartini masa kini, Yuni mengaku sedih. Lantaran banyak wanita yang acap kali lupa dengan kodratnya sebagai wanita dan ibu rumah tangga sehingga keluarga sering berantakan. Maka dari itu dengan GOW, Yuni berharap bisa menggandeng dan mengajarkan wanita untuk bisa aktif tanpa menanggalkan kewajiban. "Wanita harus bisa imbangi kerja dirumah dan aktif diluar. GOW mempersatukan seluruh ibu di Kota Tangerang," tukasnya.