Infonitas > Serpong > Kesehatan >

Wow, Ternyata Kopi Bisa Mengubah Kinerja Otak

Jumat, 12 Oktober 2018 | 10:14 WIB

Editor : Oktaviani

Sumber : DBS

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Foto : istimewa

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengubah kinerja otak. Berikut beberapa manfaat kopi bagi tubuh.

SERPONG - Tidak hanya nikmat diseruput kala pagi hari, atau di sela-sela waktu bersantai, kopi ternyata juga bisa memberikan manfaat lain yang positif bagi kehidupan manusia. Saat ini, menurut data terakhir yang dimiliki oleh lembaga pangan dunia, FAO, terdapat sedikitnya hampir 2,5 miliar cangkir kopi diseruput setiap tahunnya di seantero jagat.

Melansir This is Insider, ternyata kopi punya pengaruh baik terhadap tubuh terutama otak. Dari membantu ingatan sama mempengaruhi usia, kafein bisa mengubah kinerja otak dalam berbagai cara. Yuk simak beberapa manfaat kopi bagi tubuh.

1. Kafein bisa memanipulasi otak agar tidak mudah capek
Ketika kamu meminum segelas kopi, kafein akan menghalangi reseptor adenosine yang bisa menyebabkan kantuk dan capek. Di samping itu, otak yang dimiliki penikmati kafein akan bertambah reseptor adenosine, sehingga inilah alasan mengapa penyuka kafein menjadi kecanduan minuman kopi.

2. Kafein bisa meningkatkan mood
Seperti yang kita tahu kalau kafein bisa menghentikan reseptor adenosine. Jika reseptor itu berhenti, maka dopamine akan bisa bekerja lebih baik untuk menstimulasi otak agar mengeluarkan zat yang bisa membuat kamu jadi lebih bahagia. Beberapa studi juga mengatakan bahwa sering mengonsumsi kafein membuat seseorang memiliki depresi yang rendah dan terhindar dari penyakit.

3. Kafein melancarkan darah pada otak
Jika kamu merasa sakit kepala dan migrain, kafein bisa menjadi salah satu obat mujarab untuk mengobatinya. Sakit kepala bisa disebabkan karena pembuluh darah yang melebar di otak, maka dari itu kafein dengan takaran yang tepat bisa membantu mencegahnya.

4. Secangkir kopi bisa meningkatkan ingatan
Berdasarkan penelitian pada jurnal Nature Neuroscience menemukan bahwa kafein bisa memperkuat ingatan seseorang dalam 24 jam setelah mengonsumsinya. Kafein juga bisa membantu pekerjaan yang sulit dan mengingatkan kembali informasi yang kamu butuhkan. Terbukti kafein mampu membuat seseorang semangat dalam mengerjakan tugas daripada orang yang tidak mengonsumsi kafein.