Infonitas > Serpong > Kesehatan >

Tiga Langkah Sederhana Menjaga Gigi Tetap Sehat

Senin, 1 Oktober 2018 | 17:05 WIB

Editor : Oktaviani

Sumber : dbs

Ilustrasi.
Ilustrasi.
Foto : istimewa

Gigi memiliki peranan penting, maka kesehatan gigi harus tetap dijaga.

SERPONG - Gigi memiliki peran penting dalam proses pencernaan, karena berfungsi menghancurkan makanan. Sehingga memudahkan lambung dalam mencerna makanan untuk diserap usus. Gigi terdiri dari lapisan luar (email), jaringan lunak (dentin), pulpa, semen, saraf, dan pembuluh darah.

Gigi manusia terdiri dari gigi seri, taring, dan geraham. Gigi seri terletak di depan berbentuk seperti kapak yang mempunyai fungsi memotong makanan. Gigi taring, berbentuk runcing yang berguna menyobek makanan. Gigi geraham mempunyai fungsi menghaluskan makanan.

Dengan fungsi gigi seperti itu, sambungnya, maka penting untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut tiga langkah sederhana dalam menjaga gigi agar tetap sehat.

  1. Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Menyikat gigi adalah bagian penting dari rutinitas perawatan gigi sehari-hari. Menjaga gigi dan gusi tetap bersih dari kotoran dapat mencegah penyakit gusi dan mencegah gigi berlubang. American Dental Association merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan sikat gigi berbulu lembut untuk menjaga kesehatan mulut.

  1. Pilih Pasta Gigi yang Tepat

Memilih pasta gigi tidak boleh sembarang, lebih baik sesuaikan dengan kebutuhan dan juga kondisi mulut. Misalnya, jika memiliki gigi sensitif, gunakan pasta gigi desensitisasi khusus, yang akan membantu memberikan bantuan dan efek pada kondisi gigi. 

  1.  Mengunjungi Dokter Gigi Secara Teratur

Karena sebagian besar masalah kesehatan mulut tidak dapat menimbulkan gejala apa pun, jadi sebaiknya mengunjungi dokter gigi. Mengunjungi dokter gigi dapat dilakukan setidaknya sekali dalam 3-6 bulan. Pemeriksaan gigi yang teratur juga membantu dalam diagnosis penyakit gusi, dan memeriksa tanda-tanda awal kanker mulut.