Infonitas > Serpong > Kesehatan >

Ini Penyebab Lapar Malam Hari

Kamis, 6 Desember 2018 | 14:57 WIB

Editor : Oktaviani

Sumber : DBS

Ilustrasi Makan Cemilan di Malam Hari (Ist)
Ilustrasi Makan Cemilan di Malam Hari (Ist)
Foto : istimewa

Ingin tahu penyebab rasa lapar dimalam hari? Berikut beberapa penjelasannya.

SERPONG - Kebiasaan tidur larut malam merupakan salah satu pemicu kegemukan. Pasalnya, di malam hari kita sering merasa lapar. Beberapa orang menunggu hingga pagi, untuk kemudian makan di waktu sarapan. Tapi, banyak juga yang kemudian menyerah pada godaan dan menikmati camilan berupa kudapan ringan hingga makan besar. Akibatnya, bukan tidak mungkin tubuh bertambah gemuk.

1. Melewatkan waktu makan siang

Melewatkan waktu makan siang berarti membiarkan tubuh kelaparan karena kehilangan 20-25% kebutuhan energi harian. Meskipun Anda beranggapan dapat menggantikan kebutuhan makan saat makan malam, nyatanya hal ini tetap membuat tubuh lapar, karena persentase pemenuhan kebutuhan energi harian tidak tercukupi.
 

2. Perasaan sedih

Orang yang sedang sedih terkadang terasa seperti kosong hatinya. Jika tidak ada cara lain untuk menghibur diri, makan menjadi pilihan menarik. 

3. Begadang

Begadang tanpa melakukan aktivitas yang penting untuk dikerjakan, merupakan salah satu penyebab tubuh menjadi sering merasa lapar di malam hari. Tubuh yang lebih lama aktif akan membuat kebutuhan energi semakin meningkat. Hal ini tentu membuat tubuh merasa lapar saat malam hari, apalagi jika saat begadang Anda melakukan hal yang menguras otak atau tenaga.

4. Ketidakseimbangan nutrisi

Terlalu banyak mengonsumsi gula atau karbohidrat dan tidak mendapatkan cukup lemak sehat pada siang hari membuat Anda menderita gangguan gula darah. Inilah yang membuat Anda merasa lapar pada malam hari.

5. Sugesti

Ini sering terjadi ketika sedang menonton televisi. Tiba-tiba muncul iklan makanan siap saji, atau sebuah tayangan film yang sedang menyorot makanan, khususnya acara kuliner. Jika rasa lapar muncul dan tidak tertahankan, sebaiknya lekas ganti saluran televisi.

 

 

 



 


 
 
 
Berita Terkait
Tidak ada berita terkait