Infonitas > Serpong > Kesehatan >

Begini Akibatnya Sering Menyimpan Handphone di Saku Celana

Kamis, 15 Februari 2018 | 17:17 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Alfriani Anisma Wibowo

Ilustrasi simpan HP di saku celana.
Ilustrasi simpan HP di saku celana.
Foto : istimewa

Kebiasaan menyimpan handphone di saku saku dapat mengakibatkan radiasi, mempengaruhi kesehatan alat reproduksi, bahkan memicu kanker.

TANGSEL - Banyak pendapat mengatakan jika ponsel memiliki bahaya tersendiri bagi kesehatan. Terutama saat ponsel diletakkan di kantong saku yang dapat mengakibatkan radiasi, mempengaruhi kesehatan alat reproduksi, memicu timbulnya kanker ataupun menyebabkan kerusakan DNA.

Menurut ilmuwan Amerika dokter Devra Davis, kebiasaan itu bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Davis yang telah mempelajari efek radiasi ponsel selama bertahun-tahun mengungkapkan, radiasi bisa merusak DNA. Dengan begitu, efek radiasi akan memengaruhi kesuburan pria dan mengganggu metabolisme otak.

Davis mengaku prihatin, ketika banyak wanita meletakkan ponsel di bra dan muncul ikat kepala yang bisa untuk menyimpan ponsel. Sebab, efek radiasi di sekitar kepala dapat menganggu fungsi otak.

“Saya pernah menemukan kasus seorang wanita yang memiliki tumor payudara persis di area ponsel sering disimpan. Bahkan, tumor itu berbentuk seperti ponselnya,” ujarnya, Kamis (15/2/2018).

Sementara California Departerment health (CPDH) atau dinas kesehatan masyarakat California menyarankan, agar pengguna tidak menaruh smartphone mereka di saku, bra, atau sabuk. Akan lebih baik jika smartphone ditempatkan di tas backpack, tas tangan, atau koper.

"Karena antena smartphone selalu mencoba untuk terhubung dengan menara seluler (BTS) kapan pun smartphone itu dalam kondisi menyala. Hal itu akan memancarkan energi RF meski kamu tidak memakainya," katanya.