Infonitas > Serpong > Famili >

Cara Mengatasi Anak Suka Pilih-Pilih Makanan

Kamis, 6 Desember 2018 | 09:49 WIB

Editor : Oktaviani

Sumber : Vemale.com

Ilustrasi Anak Makan Sayur
Ilustrasi.
Foto : istimewa

Ada beberapa faktor yang memengaruhi anakmmenjadi seorang picky eater.

SERPONG - Melihat anak yang suka beragam menu makanan yang disajikan, pasti membuat hati orangtua senang. Tapi bagaimana jika ternyata si kecil suka pilih-pilih makanan alias picky eater

Picky eater sebenarnya merupakan kondisi dimana anak dalam usia tertentu--biasanya usia pra sekolah-- hanya mau mengonsumsi makanan yang disukainya saja, terutama tidak mau makan sayur dan buah. Tentunya jika si kecil picky eating, kebutuhan gizi baiknya berkurang, bahkan dapat berisiko stunting atau gagal pertumbuhan tubuh dan otak. 

Lalu apa penyebabnya si kecil menjadi picky eater? Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit Bunda Menteng, Rini Sekartini menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang memengaruhinya. Mulai dari kepribadian anak yang enggan mencoba makanan baru hingga orangtua yang tidak memberikan makanan bervariasi. Oh ya, terlalu banyak memberikan porsi makanan pada si kecil tanpa melihat usianya, juga memberikan dampak.

So, kalau sudah si kecil menjadi picky eater, apa yang harus dilakukan? Berdasarkan penjelasan Rini, bisa menyiasatinya dengan beberapa langkah berikut ini:

1. Berikan suasana menyenangkan saat makan dan jangan terburu-buru.

2. Berikan si kecil makanan sesuai porsi karena menyesuaikan lambungnya yang kecil.

3. Berikan makanan baru berulang kali untuk si kecil.

4. Orangtua harus tetap tenang dan jangan marah.

Namun yang harus digarisbawahi pula, ketika anak memilih-milih makanan, memberikan susu bukan menjadi solusi. Itu karena susu bukan pengganti makanan. Susu hanya menjadi pelengkap saja. Pemberian susu pada anak sebagai pengganti makanan, justru membuat kecukupan variasi nutrisi makanan menjadi tidak seimbang.