Infonitas > Puri > Pendidikan >

Rumah Belajar Solusi Siswa Sekolah

Selasa, 3 April 2018 | 13:16 WIB

Editor : Waritsa Asri

Sumber : Dbs

Rumah Belajar (Ist)
Rumah Belajar (Ist)
Foto : istimewa

Kemendikbud memberikan solusi agar siswa tidak hanya belajar di rumah tapi juga di mana saja dengan Rumah Belajar

PURI – Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), belajar kini tidak hanya dilakukan di sekolah saja. Namun juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Salah satunya yang tengah dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yaitu laman belajar daring (online) Rumah Belajar yang memungkinkan siswa dan guru belajar tanpa batasan tempat juga waktu.

Rumah Belajar ini dikembangkan juga dikelola oleh Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom). Laman tersebut bisa diakses melalui tautan belajar.kemdikbud.go.id.

Fitur yang terdapat di Rumah Belajar mulai dari sumber belajar, buku sekolah elektronik (BSE), peta budaya, laboratorium maya, dan lain-lain. Sementara itu, Fitur BSE menjadi alternatif untuk para siswa agar tidak membeli buku secara fisik.

Fitur laboratorium maya memungkinkan siswa dan guru melakukan percobaan ilmu pengetahuan alam (IPA) secara interaktif. Fitur ini dapat membantu sekolah yang tidak memiliki peralatan praktikum IPA melakukan eksperimen secara interaktif dan dengan tampilan yang menarik.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, mengajak guru dan balai TIK di daerah turut mengembangkan konten pembelajaran dan diunggah ke laman Rumah Belajar. "Saat ini Rumah Belajar memiliki lebih dari 20.000 konten pembelajaran. Namun itu harus terus ditambah, jadi kontribusi daerah sangat kita harapkan," kata Didik.