Infonitas > Puri > Laporan Utama >

Sudin KPKP Jakarta Barat Lakukan Pemeriksaan Kuda

Kamis, 7 Desember 2017 | 13:23 WIB

Editor : Waritsa Asri

Reporter : Ronald P. Gerson

Logo Asian Games
Logo Asian Games.
Foto : istimewa

Sudin KPKP Jakarta Barat melakukan pemeriksaan kuda jelang Asian Games 2018 mendatang. Hal ini dilakukan agar para kuda tidak tertular penyakit.

PURI - Persiapan menyambut Asian Games 2018 tidak hanya pada fasilitas saja, tetapi juga pengecekan kesehatan hewan. Hal tersebut dilakukan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Barat, yang melakukan pengecekan kuda-kuda yang ada di Jakarta Barat.

Biarpun Jakarta Barat hanya menjadi lintasan membawa kuda untuk lomba di Asian Games dari Bandara Soekarno Hatta ke Pulo Mas, Jakarta Timur. Hal tersebut dilakukan, agar  jangan sampai kuda-kuda dari luar negeri yang ikut lomba terkena tertular penyakit.

Kuda-kuda yang dicek kesehatannya berasal dari wilayah Kecamatan Kalideres, Cengkareng, Kembangan, Kebon Jeruk dan Palmerah. "Kami sudah mendata dan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 115 kuda, dengan mengambil sampel darahnya," ungkap Marsawitri Gumay, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Barat.

Dari hasil pemeriksan kuda-kuda tersebut, kondisinya ternyata cukup memprihatinkan. Kondisi tersebut, akibat pemeliharaannya yang asal-asalan. Seperti kandangnya yang kurang terawat atau kotor dan seadanya. Serta makanannya yang sembarangan sehingga rawan terkena penyakit. "Dari hasil pemeriksaan kesehatan kuda di Jakarta Barat yang banyak digunakan untuk delman, ternyata sebagian besar cacingan, ada juga yang flu. Tapi sudah diberikan pengobatan," jelasnya.

Pengawasan kesehatan hewan kuda akan terus dilakukan sampai pelaksanaan Asian Games 2018, sehingga kuda-kuda di Jakbar tidak ada yang berpenyakit. Pihaknya juga telah mengimbau pemilik usaha delman untuk tidak lagi mendatangkan kuda baru dari luar daerah ke Jakarta Barat. Hal ini guna memastikan tidak ada virus penyakit yang diidap.