Infonitas > Puri > Laporan Utama >

Polres Jakarta Barat Sita Puluhan Kilo Sabu dan Uang Miliaran Rupiah

Senin, 6 Agustus 2018 | 13:49 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Adi Wijaya

Polres Jakarta Barat menyita puluhan kilo sabu dan uang miliaran rupiah yang diduga dari hasil kejahatan
Polres Jakarta Barat menyita puluhan kilo sabu dan uang miliaran rupiah yang diduga dari hasil kejahatan jalanan dan narkotika.
Foto : Adi Wijaya

Puluhan kilo sabu dan uang miliaran rupiah yang disita Polres Jakarta Barat merupakan hasil kejahatan jalanan dan penyuplai narkotika.

PALMERAH - Aparat Kepolisian Resort Metro Jakarta Barat menyita 30,3 kilogram Narkotika jenis sabu dan uang senilai Rp 2,3 Miliar. Ironisnya, empat pelaku yang ditangkap, di antaranya FJ, TH, RZ, dan MDL masuk dalam radar sebagai pelaku kejahatan jalanan, yang marak terjadi beberapa pekan lalu.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Komisaris Besar Polisi Hengky Haryadi mengatakan, keempat pelaku ditangkap di lokasi berbeda. Selain terlibat dalam kejahatan jalanan, keempatnya juga diketahui sebagai penyuplai narkotika kepada para pelaku kejahatan lainnya.

"Awal penyelidikan kami menganalisa ada kaitannya antara kejahatan jalanan dengan penyalahgunaan narkoba," kata Hengky, saat ditemui di Mapolres Metro Jakarta, Senin (6/8/2018).

Dijelaskannya, penyitaan sabu terbesar, yakni sebanyak 29,603 kilogram didapat dari dalam kamar indekost pelaku berinisial RZ, di Jalan Walang Sari II, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara. Sabu asal jaringan Malaysia itu disimpan dalam dua tas pada lemari kamar. "Sabu itu dikendalikan pelaku berinisial MDL yang ditangkap di apartemen Tanjung Duren, Jakarta Barat," jelasnya.

Sebelumnya, polisi telah menangkap pelaku berinisial TH di Jalan Palmerah I, Jakarta Barat dan FJ di kawasan Teluk Gong, Jakarta Utara. Keduanya ditemukan sabu masing-masing seberat 767 gram dan 500 gram.

"Uang yang kami sita merupakan hasil penjualan. Sabu itu didapat pelaku dari pria berinisial PR yang berada di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) di Jawa Barat," tutupnya.