Infonitas > Puri > Laporan Utama >

Banjir di Jakarta Barat, Rustam Akui Menyempitnya Saluran Air

Selasa, 4 Desember 2018 | 14:16 WIB

Editor : Oktaviani

Reporter : Adi Wijaya

Banjir di daerah Kembangan, Jakarta Barat.
Banjir di daerah Kembangan, Jakarta Barat.
Foto : Adi Wijaya

Saat ini terdapat 60 titik genangan air di Jakarta Barat.

KEMBANGAN - Hujan deras mulai mengguyur sejumlah wilayah ibu kota. Akibatnya banjir pun terjadi di sejumlah wilayah. Sayangnya, problematika itu masih belum tertangani dengan baik.

Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Efendi mengakui banjir kerap melanda wilayah tugasnya. Banjir yang diistilahkannya sebagai genangan itu terjadi akibat menyempitnya saluran air.

"Kenapa masih terjadi? Karena saluran airnya sudah sempit," kata Rustam, saat ditemui, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (4/12/2018).

Jauh sebelum musim penghujan tiba, dia mengklaim sudah memerintahkan jajarannya untuk mengkondisikan saluran air. Mencegah penyumbatan agar air dapat mengalir dengan baik.

"Semua saluran air di Jakarta Barat jelang musim hujan agar terkondisikan dengan baik dan mampu mengalir dengan baik," jelasnya.

Menyempitnya saluran air itu, ditandainya dengan cepat surutnya genangan air. Saat ini, terdapat 60 titik genangan air di Jakarta Barat.

"Kita upayakan kurangi lah jumlah titiknya dan durasi genangan itu yang harus kita kurangi. Termasuk masyarakatnya juga sama-sama harus kita bagikan kepeduliannya," tutupnya.