Infonitas > Puri > Laporan Utama >

Ada 21 Km Trotoar Ramah Disabilitas di Jakarta Barat

Rabu, 5 Desember 2018 | 08:28 WIB

Editor : Fauzi

Reporter : Adi Wijaya

Ilustrasi trotoar ramah disabilitas.
Ilustrasi trotoar ramah disabilitas.
Foto : istimewa

Sejumlah ruas jalan yang memiliki trotoar ramah disabilitas di Jakarta Barat di antaranya, Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya dan Tanjung Duren.

KEMBANGAN - Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat terus mengembangkan trotoar ramah disabilitas. Hingga saat ini, trotoar tersebut sudah terbangun sepanjang 21 kilometer. Kasie Kelengkapan Prasarana Jalan dan Jaringan Utilitas, Sudin Bina Marga Jakarta Barat Untung Pitoyo, mengatakan trotoar tersebut dibangun bertahap hingga saat ini sejak 2016 silam. "Untuk tahun 2018 masih berjalan tapi kalau dilihat dari rekapnya 7 km x 3 tahun sudah sekitar 21 km lebih trotoar yang ramah disabilitas," kata untung, saat dikonfirmasi, Selasa (4/12).

Dijelaskannya, trotoar tersebut dilengkapi guiding block atau jalur pemandu untuk penyandang disabilitas di trotoar. Trotoar itu di antaranya berada di Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya, Jalan Lapangan Bola, kawasan Tanjung Duren, dan jalan lainnya.

"Mulai pemasangan guiding block untuk disabiltas, rata-rata untuk setahunnya kita targetnya memang 7 sampai 8 km. Otomatis kalau sepanjang itu, ya sepanjang itu juga pemasangan guiding block untuk trotoar ramah disabilitas," jelasnya.

Pada 2019 mendatang, direncanakan pembangunan trotoar ramah disabilitas mencapai 7 kilometer. Diharapkan masyarakat turut menjaga trotoar agar tidak rusak dan dimanfaatkan kaum disabilitas. "Kemungkinan nambahnya segitu 7 km. Anggaran kita tahun depan itu Rp 32 miliar untuk trotoar dan bangunan pelengkap juga," tutupnya.