Infonitas > Pluit kapuk > Properti >

Sempat Stagnan, Pasar Properti Semester II Tahun 2017 Bangkit

Kamis, 7 Desember 2017 | 16:53 WIB

Editor : Arif Muhamad Rian

Reporter : Farid Hidayat

Ilustrasi seorang agen properti
Ilustrasi seorang agen properti
Foto : istimewa

Menurut Principal Ray White Pantai Indah Kapuk, Surya Wijaya, Smester II Properti Tahun 2017 alami kenaikan.

PENJARINGAN - Prediksi tahun ini bakal menjadi tahun kebangkitan sektor properti tidak sepenuhnya tepat. Kendati pemerintah telah memberikan stimulus untuk mendorong pertumbuhan properti, namun hal itu tidak berjalan mulus.

Dikatakan Principal Ray White Pantai Indah Kapuk, Surya Wijaya, di 2017 pada semester I ini dari sisi harga, stagnan belum ada kenaikan, cenderung turun sedikit. Namun, pada semester II sudah mulai naik sejak Agustus 2017 hingga November 2017.

"Pada semester I terjadi stagnan akibat ekonomi, politik pemilihan gubernur itu salah satu faktor ya mengalami stagnan dari faktor eksternal. Kalau eksternalnya kacau otomatis pasti properti kondisi ekonomi belum stabil,” ucapnya, Kamis (7/12/2017).

Selain itu, kata Surya, bila dibandingkan dengan investor, kini yang lebih diuntungkan yaitu end user (pemakai yang belum memiliki rumah). Sebab, stimulus pemerintah melalui paket kebijakan ekonomi seperti suku bunga diturunkan, dan Down Payment (DP) murah sangat diminati.  

"Pemerintah mau memfokuskan di sektor perumahan, fokusnya di end user. Dari kebijakannya seperti dari suku bunga diturunkan, DP juga sekarang 15 persen yang sebelumnya bisa 30 persen. Mau mengurangi investor jual beli dengan cara pajaknya dibesarkan kalau rumah kedua atau rumah ketiga pajaknya berapa dinaikkan ya itu dari kebijakannya ke arah end user yang belum punya rumah," terangnya.

Penyebab itulah, lanjut Surya, yang membuat investor saat ini masih wait and see. Meski begitu, ia berharap agar seluruh agen properti agar tetap optimis dikarenakan banyak pakar properti yang menyebut jika tahun 2018 mendatang kondisi properti akan meninggi.

“Bisa dilihat di semester keduanya sedang bergeliat tingginya end user dibanding investor," tandasnya.