Infonitas > Pluit kapuk > Laporan Utama >

Kualitas Penutup Box Utilitas di Jalan Lodan Buruk

Kamis, 7 Desember 2017 | 13:02 WIB

Editor : Arif Muhamad Rian

Reporter : Adi Wijaya

Penutup Box Utilitas di Jalan Lodan
Penutup Box Utilitas di Jalan Lodan, Pademangan, Jakarta Utara
Foto : Adi Wijaya

Sejumlah pengendara sangat khawatir saat melintasi jalan tersebut, khususnya untuk pengendara truk.

PADEMAGAN - Hasil pengerjaan proyek box utilitas di Jalan Lodan Raya, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara dinilai buruk oleh para pengendara. Sebab, penutup box utilitas atau box curvet itu nampak terbelah lantaran tak kuat menahan beban kendaraan yang mayoritas dilintasi truk dan kontainer.

Penelusuran Infonitas.com, sebagian pengerjaan box utilitas sudah dapat dilalui kendaraan, tak lagi ditutup beton seperti saat pengerjaan. Namun kenyataannya, sejumlah kualitas penutup box utilitas nampak terbelah. 

Sopir truk, Sofian (43) mengatakan, dirinya sangat khawatir saat kendaraannya melintasi jalan tersebut. Kendaraan berbeban berat bisa saja terpelosok ke dalam box utilitas.

"Ngeri juga mas kalau saat kita lewat, tiba-tiba penutup box terbelah. Pasti kendaraan bisa terpelosok," kata Sofian saat ditemui di Jalan Lodan Raya, Kelurahan Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (7/12/2017).

Warga setempat, Dani (32) menerangkan, kendaraan truk atau kontainer yang terpelosok nantinya akan berdampak kemacetan panjang. Sebab, kedua ruas jalan itu saat ini mengecil karena adanya penambahan lebar trotoar.

"Jalan ini kan berkurang lebarnya karena ada proyek trotoar. Sedangkan kendaraan yang lewat ke sini rata-rata besar," terangnya.

Karena itu, Dani meminta kepada Pemerintah Kota Jakarta Utara untuk segera menyoroti buruknya kualitas penutup box utilitas tersebut. Penutup box harus segera diganti dengan kualitas maksimal.

"Ya harus diganti secepatnya. Sekarang kan masih satu ruas jalan yang dibuka. Kendaraan yang melintas belum terlalu ramai," tutupnya.

Sebelumnya, proyek pengerjaan box utilitas di lokasi tersebut menuai kecaman masyarakat. Lambatnya pengerjaan berdampak adanya korban pengendara sepeda motor yang terpelosok ke dalam box utilitas sedalam hampir lima meter.