Infonitas > Pluit kapuk > Laporan Utama >

Kemunculan Buaya di Kali Grogol, Ini Permintaan Wali Kota Jakut

Selasa, 3 Juli 2018 | 19:40 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : Beritajakarta.id

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad
Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad (Ist)
Foto : istimewa

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad meminta warganya untuk tidak khawatir berlebihan terkait fenomena kemunculan buaya di Kali Grogol dan Pondok Dayung

PLUIT KAPUK – Fenomena kemunculan buaya di kawasan Kali Grogol Jakarta Barat dan Pondok Dayung, Tanjung Priok menyita perhatian publik. Banyak warga merasa cemas dan takut untuk bermain di kawasan tersebut.

Namun begitu, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad, meminta masyarakat tidak khawatir secara berlebihan terkait fenomena kemunculan buaya. Saat ini, Pemkot Administrasi Jakarta Utara tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memetakan lokasi yang potensial terdapat buaya.

"Pengertiannya penyelamatan, bukan memburu untuk membunuh. Ini sedang kita kordinasikan langkah komprehensif penyelamatan," ujar Husein, Senin (2/7).

Dikatakannya, koordinasi melibatkan seluruh stakeholder terkait seperti Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA), Kementerian Lingkungan Hidup serta komunitas pencinta dan pemerhati buaya. 

Menurut Husein, dari hasil koordinasi awal bersama sejumlah ahli, diperkirakan buaya yang belakangan terlihat muncul di kawasan Kali Grogol, Jakarta Barat dan Pondok Dayung, Tanjung Priok, merupakan jenis buaya rawa. 

Karena itu, Husein menegaskan misi pencarian dan evakuasi bertujuan menyelamatkan buaya untuk dikembalikan ke habitatnya. 

"Masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan, buaya diyakini tidak berniat menciderai manusia. Kita imbau jangan takut diserang saat berenang di laut," tandasnya.