Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Tambora Rawan Penyebaran Virus HIV/AIDS

Senin, 11 Sepember 2017 | 13:37 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Sumber : DBS

Ilustrasi HIV/AIDS
Ilustrasi HIV/AIDS
Foto : istimewa

Jumlah tempat hiburan malam yang tidak sedikit di kawasan Tambora, Jakarta Barat mengakibatkan sebagai lokasi rawan penyebaran virus HIV/AIDS.

TAMBORA – Tambora dan Tamansari merupakan kawasan kecamatan yang rawan dalam penyebaran virus HIV/AIDS tertinggi di Jakarta Barat. Hal ini lantaran, di kedua kecamatan tersebut jumlah tempat hiburan malam tidak sedikit.  

Asisten Administrasi dan Kesra Jakarta Barat, Yunus Burhan mengatakan, untuk menanggulangi hal tersebut, berharap masyarakat berperan aktif dalam memberikan informasi kepada para kader Komisi Penanggulangan Aids Kota Jakarta Barat.

“Meski di Kedoya Selatan, Kebon Jeruk ini bukan prioritas karena yang paling tinggi itu adanya di perkotaan yang banyak tempat hiburan yaitu di Kalideres, Tamansari dan Tambora yang agak tinggi," ucap Yunus dikutip dari tribunnews.com pada Senin (11/9/2017).

Hal utama, kata Yunus melakukan tindakan preventif dalam pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS. Seperti menggelar pelatihan Penguatan dan Pengembangan Warga Peduli Aids bagi Kader Posyandu dan Kader PKK di RPTRA.

Informasi yang dihimpun dari KPA Jakarta Barat dari hasil tes tahun 2017, dari 2000 orang sebanyak 4 persen yang terkena penyakit itu. Untuk tahun 2016 lalu, hanya 3 persen yang terkena penyakit HIV/AIDS.