Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Susah Buang Air Besar? Ikuti Cara di Bawah Ini

Rabu, 13 Sepember 2017 | 21:00 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Sumber : DBS

Ilustrasi Susah Buang Air Besar
Ilustrasi Susah Buang Air Besar
Foto : istimewa

Konsumsi serat hingga kebiasaan olahraga secara teratur dapat mengatasi persoalan susah Buang Air Besar (BAB).

PENJARINGAN – Susah Buang Air Besar (BAB) merupakan persoalan klasik bagi siapapun. Kurang cairan, serat terhadap tubuh sebagai faktor utama. Buang air besar bisa dijadikan patokan untuk menilai apakah kita dalam kondisi sehat ataukah tidak.

Adapun kondisi kesehatan kita baik atau tidak dapat dilihat dari beberapa hal. Diantaranya, frekuensi buang air besar.  jika kita hanya melakukan buang air besar beberapa hari sekali atau bahkan dalam sehari kita terlalu sering buang air besar, itu berarti kondisi pencernakan kita sedang kurang sehat atau buruk.

Jarang buang air besar dapat menandakan bahwa kita sedang mengalami sembelit, sedangkan keseringan buang air besar berarti kita sedang mengalami diare, dan ini bisa berdampak dehidrasi pada tubuh kita.

Kemudian, warna tinja (feses), bentuk tinja, bau yang dikeluarkan serta proses pembuangan. Karena buang air besar merupakan salah satu sistem metabolisme yang sangat penting bagi tubuh, ada baiknya kita selalu menjaga agar kita selalu rutin melakukannya.

Berikut ini beberapa cara alami untuk membantu melancarkan buang air besar.

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian, merupakan makanan kaya serat diantaranya :

Pepaya

Buah yang berasal dari meksiko ini banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga berguna untuk membantu melancarkan proses buang air besar, apalagi saat kita sedang menderita sembelit.

Bayam

Tanaman ini merupakan salah satu jenis bahan makanan berserat dan makanan yang mengandung zat besi. Kandungan seratnya sangat baik untuk membantu agar kondisi pencernaan tetap sehat.

Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan serat dan banyak memiliki kandungan vitamin A, B, C, dan E. Karena itulah tanaman ini sangat baik untuk membantu melancarkan buang air besar serta dapat membantu mengobati sembelit.

Wortel

Jenis sayuran ini banyak mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium, sehingga sangat baik digunakan sebagai pelengkap gizi yang dibutuhkan tubuh kita. Kegunaan wortel antar alain adalah untuk menjaga kesehatan mata, menurunkan kolesterol, membantu mencegah penyakit kanker, serta serat yang terkandung didalam wortel sangat baik untuk mengatasi sembelit atau susah buang air besar.

Kacang-kacangan

Jenis tanaman ini sangat kaya akan serat alami dan padat akan nutrisi, ia sangat membantu dalam proses pencernaan dan membersihkan saluran pencernaan.

Aprikot

Jenis buah-buahan yang berasal dari spesies subgenus prem ini merupakan makanan yang mengandung karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, Beta karoten, Vitamin C dan zat besi. Adapun beberapa fungsi dari buah ini antara lain adalah membantu mengatasi masalah pencernaan (seperti susah buang air besar / sembelit), meningkatkan kesehatan mata, serta membantu untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

Buah yang termasuk suku labu-labuan atau cucurbitaceae ini sangat kaya akan nutrisi dan vitamin. Kandungan air dalam buah ini dipercaya dapat membantu kelancaran proses pencernakan tubuh, yaitu dapat membantu melancarkan buang air besar.

2. Mengkonsumsi makanan hasil fermentasi

Yogurt merupakan olahan dari susu maupun kacang kedelai melalui tahap fermentasi bakteri. Bahan pangan ini kaya akan vitamin, kalium, fosfor, riboflavin, yodium, dan seng. Bakteri pada yogurt dapat membantu memberikan keseimbangan mikroflora dalam usus, sehingga sangat bagus untuk membantu proses pencernakan.

3. Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak sehat

Mencampurkan minyak ikan ataupun minyak zaitun bersama dengan buah dan sayuran dalam menu makanan sehari-hari dapat membantu mengobati sembelit secara alami tanpa harus menggunakan obat pencahar.

4. Banyak mengkonsumsi air putih

Salah satu penyebab terjadinya sembelit adalah karena tubuh kita sedang kurang cairan. Untuk itu, mengkonsumsi air dapat membantu melunakkan feses. sehingga kita akan mudah mengeluarkan kotoran tersebut tanpa harus mengejan.

5. Mengurangi konsumsi kafein

Kafein yang terkandung dalam bahaya kopi, teh, serta minuman bersoda sebenarnya akan memberikan efek buruk bagi kita, salah satunya adalah tubuh akan mengalami dehidrasi yang akhirnya akan mengakibatkan sembelit. Oleh karena itu, ada baiknya jika kita menghindari konsumsi kafein agar sistem pencernakan kita tetap terjaga sehat.

6. Olahraga secara teratur

Gerakan aerobik seperti lari, jogging, maupun berenang dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap dalam kondisi yang sehat. Olahraga dapat merangsang kinerja otot-otot di dalam usus sehingga membantu tinja untuk bergerak keluar dengan cepat.

7. Menghindari duduk yang terlalu lama

Sembelit dapat diakibatkan karena kita terlalu lama duduk. Untuk itu,  usahakan untuk berdiri sejenak dan melakukan gerakan ringan setelah kita terlalu lama duduk.

8. Membiasakan diri untuk buang air besar setiap hari

Terkadang karena sebuah kesibukan, kita harus menunda kegiatan buang air besar yang sebenarnya sudah terasa. Jika hal ini terus menerus dilakukan, kemungkinan besar dampak sembelit akan menyerang kita. sesibuk apapun anda, sebaiknya tidak menunda-nunda buang air besar begitu terasa. Jangan menunda begitu terasa ingin buang air.