Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Sering Membawa Bayi Nonton Bioskop? Ini Bahayanya

Kamis, 12 Juli 2018 | 14:08 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : Hellosehat.com

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Orang tua yang kerap membawa bayinya untuk menonton bioskop harus berhati-hati karna dapat berdampak pada kesehatan bayi.

PLUIT KAPUK - Banyak orang tua kerap mengajak buah hati menonton bioskop. Bahkan sejak masih bayi. Alih-alih menikmati film kesayangan, tak jarang si kecil mendadak rewel dan menangis. Kondisi ini dianggap sepele karena bisa menidurkan atau menyusui selama berada di biokop.

Namun, kebiasan membawa bayi menonton bioskop dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Secara tak sadar, saat bayi diajak menonton bioskop maka berisiko meningkatkan gangguan pendengaran secara permanen. Pasalnya, sistem suara canggih yang ada di dalam gedung bioskop dapat mengeluarkan volume hingga 85 desibel (dB).

Belum lagi, menghitung kenaikan desibel yang bisa berkali-kali lipat saat aktor berteriak, atau dari suara tembakan hingga ledakan.

Dokter Anak Ahed Bisharat menjelaskan, suara diatas 85 dB begitu berbahaya bagi gendang telinga bayi. Dimana, mereka memiliki indera pendengaran yang sensitif. Selain itu kata dia, suara pada tingkat desibel tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada telingan bagian dalam, khususnya koklea. Diketahui, koklea berfungsi memproses bunyi sehingga bisa terdengar oleh si pemilik tubuh.

Berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics, tingkat kebisingan yang melebihi 45 dB pada bayi menjadi perhatian khusus. Beberapa film aksi atau action movie memiliki tingkat kebisingan 90 dB.

Volume suara di atas 100 desibel selama 15 menit dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen pada anak. Bahkan, durasi kebisingan dan seberapa sering bayi terpapar suara keras dari waktu ke waktu juga merupakan faktor pemicu gangguan pendengaran bayi.

Selain itu, suara bising yang bayi terima secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel yang diperlukan untuk pendengaran dan persepsi ucapan. Ini dapat membahayakan proses tumbuh kembang di masa depan.

Jadi masih maukah Anda membawa buah hati menonton bioskop?