Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Makanan Ini Bisa Buat Anda Cepat Tua

Selasa, 22 Agustus 2017 | 10:11 WIB

Editor : Raymondo Arditya

Reporter :

kopi
Ilustrasi
Foto : istimewa

Menjadi tua sudah pasti. Namun, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat Anda cepat tua. Simak ulasan berikut.

JAKARTA – Menjadi awet muda tentu adalah harapan bagi setiap orang. Banyak hal yang dilakukan untuk menunda proses penuaan, salah satunya adalah dengan rutin pergi ke salon.

Walaupun sesungguhnya kita tahu, bahwa tidak ada yang bisa mencegah penuaan. Ada beberapa hal yang bisa membuat Anda lebih cepat menua cepat seperti Genetika, merokok, terekspos sinar matahari, lingkungan dan banyak lagi.

Faktor lain yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya juga bisa dari makanan. Makanan yang Anda konsumsi bisa membuat Anda terlihat lima tahun lebih muda atau lima tahun lebih tua.

Menurut laman bisnis.com, Senin (21/8/2017), ada beberapa makanan tertentu yang bisa mempercepat proses penuaan. Makanan ini bisa mempercepat keriput, kulit kusam, sakit dan nyeri.

1. Minuman berenergi

Minuman berenergi hanya akan membuat Anda menua dua kali lebih cepat dari perkiraan Anda. Minuman energi tinggi gula dan sangat asam sehingga bisa merusak gigi dan membuat mereka rentan terhadap noda. Kandungan sodiumnya bisa menyebabkan dehidrasi dan inilah salah satu faktor utama penuaan kulit.

2. Baked goods

Baked goods kaya akan gula dan lemak tambahan yang dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kesehatan gigi yang buruk. Gula mendorong mikrobioma tidak sehat dan bersifat pro-inflamasi, yang dapat mempercepat proses penuaan.

3. Gula

Gula berbahaya bagi seluruh tubuh. Gula menyebabkan radang, yang berfungsi sebagai penghambat untuk memiliki kulit yang jernih dan indah. Gula juga merusak kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap lembut dan lentur. Inilah salah satu makanan teratas yang akan membuat Anda menua lebih cepat.

4. Glikemik tinggi

Makanan seperti gandum, pasta dan sereal terbukti mempercepat proses penuaan kulit. Hal ini juga bisa mengacaukan kulit, menyebabkan jerawat dan rosacea. Ini adalah makanan yang bisa menua Anda jauh lebih cepat.

Baca Juga : Ternyata Tubuh Juga Bisa Kelebihan Cairan

5. Alkohol

Segelas atau dua gelas sesekali tidak menimbulkan bahaya pada kulit, tapi minum secara berlebihan, terutama yang bergula, dapat menyebabkan radikal bebas terbentuk di tubuh. Pastikan untuk minum secukupnya dan alternatifkan setiap minuman beralkohol dengan air.

6. Makanan tinggi garam

Makanan dengan sodium tinggi dapat menyebabkan retensi air dan kembung. Retensi air bisa membuat kulit terlihat bengkak dan lelah. Makanan asin bisa memicu dehidrasi dan mempercepat proses penuaan. Inilah salah satu makanan yang bisa membuat Anda terlihat lebih tua.

7. Makanan olahan

Makanan olahan dapat menghancurkan kerusakan pada kesehatan kita. Makanan ini tidak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan dan dengan mudah dapat mempercepat proses penuaan. Inilah salah satu makanan terburuk yang bisa mempercepat penuaan.

8. Kopi

Secangkir kopi di pagi hari bisa mempercepat proses penuaan Anda. Hal ini dianggap lebih baik jika Anda pergi hanya satu atau dua cangkir sehari dan mengkombinasikannya dengan air putih.

Baca Juga : Kembali Rutin Berolahraga? Mulailah dari Latihan Dasar Fitnes