Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Jangan Dibuang, Biji Semangka Juga Kaya Manfaat

Jumat, 13 Juli 2018 | 10:37 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Sumber : Okezone.com

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Biji semangka ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Salah satunya menurunkan resiko stroke

PLUIT KAPUK - Buah kaya air ini tak hanya lezat disantap saat cuaca panas, tetapi juga memiliki sederet khasiat bagi tubuh. Ya, semangka merupakan buah favorit banyak orang. Apalagi jika memiliki warna merah dan tekstur tebal.

Namun, banyak yang belum mengetahui ternyata biji semangka justru memiliki khasiat yang menguntungkan. Bagian dari buah semangka itu juga tergolong rendah kalori.

Dilansir Timesofindia seperti yang tertulis di Okezone.com, Selasa (19/06), biji semangka berukuran keci punya banyak manfaat kesehatan memadai. Bijinya memiliki sejumlah mikronutrien, zat besi, seng, serat dan protein. Nutrisi ini membantu mengurangi risiko jantung, diabetes, meningkatkan kekebalan dan membantu menurunkan berat badan.

Sebanyak 30 gram biji semangka mengandung sekira 158 kalori. Segenggam biji, dengan berat sekira 4 gram hanya mengandung 22 kalori. Tentu jumlah kalorimya jauh lebih sedikit daripada satu wadah keripik kentang panggang.

Di samping itu, biji semangka juga mengandung magnesium. Segenggam bijinya mengandung sekira 21 miligram magnesium. Kandungan mineral ini juga sangat penting untuk proses metabolisme tubuh. Ini juga diperlukan untuk menjaga fungsi saraf, otot dan jantung.

Biji semangka mengandung 0,29 miligram zat besi. Kandungan ini merupakan komponen penting dari hemoglobin yang membawa oksigen melalui darah. Besi itu membantu tubuh Anda mengubah kalori menjadi energi dan memanfaatkannya. Tingkat zat besi yang rendah dapat memengaruhi rutinitas latihan harian Anda.

Biji semangka juga merupakan sumber asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh tunggal. Lemak ini dikaitkan dengan penurunan risiko stroke dan serangan jantung, serta menurunkan kolesterol jahat.

Jika Anda mengonsumsi biji semangka tersebut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara pasti. Di samping itu, buah semangkanya juga harus rajin dikonsumsi untuk menghidrasi tubuh Anda.