Infonitas > Pluit kapuk > Kesehatan >

Cara Tepat Memercepat Metabolisme Tubuh

Jumat, 1 Sepember 2017 | 17:50 WIB

Editor : Raymondo Arditya

Sumber : DBS

pekerja keras
Ilustrasi
Foto : istimewa

Tubuh yang ideal bisa diperoleh dengan mempercepat metabolisme tubuh Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut

JAKARTA – Metabolisme memiliki peran yang besar pada tubuh seseorang, khususnya bagi Anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Anda bisa mengubah metabolisme yang sedang terjadi di dalam tubuh, agar bisa mendapatkan tubuh ideal.

Menurut viva.co.id seperti lansirannya dari wellnessbin.com, Selasa (29/8/2017), berikut ini adalah beberapa tips, yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan tingkat metabolisme sekaligus menurunkan berat badan berlebih:

1. Konsumsi jumlah kalori yang tepat

Metabolisme mengacu pada proses kimiawi dalam tubuh, yang mengubah makanan yang Anda konsumsi menjadi energi. Bila ini terjadi, Anda bisa memiliki energi yang bisa memberi bahan bakar untuk Anda sepanjang hari.

BMR (tingkat metabolisme basal) Anda adalah jumlah kalori per hari, yang secara alami membakar makanan dalam tubuh saat beristirahat. Mengetahui BMR Anda adalah kuncinya, karena dapat memberi tahu Anda berapa banyak kalori yang perlu Anda konsumsi.

2. Hitung jumlah kalori yang Anda bakar

Tentu, untuk membakar kalori, Anda perlu bergerak. Jadi untuk mendapatkan angka yang lebih akurat, Anda perlu mempertimbangkan seberapa aktif setiap harinya. Jika Anda perlu menurunkan berat badan lebih banyak, Anda perlu mengurangi asupan kalori, dan jika ingin menambah berat badan, Anda harus makan lebih banyak.

3. Pastikan latihan adalah kegiatan rutin

Melakukan latihan kardio beberapa kali dalam seminggu, pasti bisa mengatasi tingkat metabolisme. Bahkan saat Anda di luar gym dan tidak berolahraga, tubuh Anda cenderung membakar kalori lebih banyak.

Salah satu latihan kardio yang bisa Anda lakukan adalah tabata, semacam latihan yang membuat Anda berkeringat dengan cepat dalam 20 detik. Dikatakan bahwa semakin intens latihan Anda, semakin tinggi jumlah kalori yang dibakar, dan semakin baik kesehatan Anda.

4. Jangan Lewatkan Angkat Beban

Otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Mengangkat beban adalah cara tercepat untuk mendapatkan otot yang kuat sekaligus membakar banyak lemak, serta meningkatkan proses metabolisme tubuh.

5. Jangan Pernah Menjalani Diet Yo-yo

Mengikuti diet yo-yo adalah membuat berat badan Anda terus-menerus mengalami ketidakseimbangan. Tidak hanya akan mempengaruhi berat badan Anda, itu juga akan membuat metabolisme Anda dalam bahaya. Ketika orang menurunkan berat badan, mereka kehilangan lemak dan otot, tapi begitu mereka mendapatkannya kembali, lemak cenderung sebagian besar lemak, yang membakar lebih sedikit kalori.

6. Ambil Camilan Jelang Tidur

Memakan camilan menjelang tidur bisa memperbaiki metabolisme Anda. Dua studi terbaru yang dilakukan di Florida State University telah menemukan bahwa, mengkonsumsi sekitar 150 kalori pada sekitar 30 menit sebelum waktu tidur dapat meningkatkan metabolisme di pagi harinya.

7. Tambah Latihan Fisik

Lain kali jika Anda berenang, berlari atau berjalan, tingkatkan intensitas aktivitas pilihan Anda selama 30 detik saja, kemudian kembali ke kecepatan normal. Melakukan strategi ini akan membuat Anda mengkonsumsi lebih banyak oksigen, dan membuat Anda membakar lebih banyak energi.

Baca Juga : Ternyata Tubuh Juga Bisa Kelebihan Cairan

8. Konsumsi Omega-3

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini membantu menyeimbangkan kadar gula dan mengurangi peradangan. Omega 3 juga membantu mengurangi daya tahan tubuh terhadap hormon leptin--hormon ini telah dikaitkan dengan seberapa cepatnya daya bakar di tubuh.