Infonitas > Komuter > MRT >

Gubernur DKI Ingin Depo MRT Fase II di Kampung Bandan

Senin, 11 Sepember 2017 | 13:34 WIB

Editor :

Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Proyek MRT Jakarta
Ilustrasi Proyek MRT Jakarta.
Foto : istimewa

Guna mewujudkan Depo MRT Fase II di Kampung Bandan, Gubernur DKI siap menggandeng PT KAI sebagai pemilik lahan.

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menyatakan, dirinya tetap berkeinginan Depo MRT Jakarta Fase II (Bundaran HI – Kampung Bandan) berada di kawasan Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara, kendati hingga saat ini belum memiliki kejelasan. “Trase itu akan kita kaji dan kita tetapkan. Mau kita, deponya ada di Kampung Bandan," ujar Djarot saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Senin (11/9/2017). 

Lahan Depo di Kampung Bandan sendiri diketahui ialah milik PT Kereta Api Indonesia (KAI). Oleh karenanya, Djarot mengatakan akan bekerja sama dengan PT KAI dalam pembangunan proyek sepanjang 8.3 KM ini. "Kampung Bandan itu kan dikelola oleh PT KAI, makanya dalam sektor transportasi kita nggak bisa sendiri-sendiri. Kita harus bekerja sama dengan PT KAI," lanjutnya.

Sebelumnya, PT KAI sudah menyetujui jika lahannya digunakan untuk pembangunan MRT dan tinggal menunngu surat tertulis dari Kementerian Perhubungan. Terkait ini, Djarot menyebutkan akan segera bertemu dengan pihak MRT Jakarta untuk melakukan evaluasi proyek senilai Rp. 22,5 Triliun tersebut. "Nanti saya akan ketemu dengan PT MRT kuta agedakan untuk mengevaluasi keseluruhan termasuk persiapan untuk Depo MRT Fase II," tuntas Gubernur DKI Jakarta.