Infonitas > Komuter > Kereta Api >

5 Oktober, TOD Siap Dibangun di Area Stasiun Bogor

Selasa, 12 Sepember 2017 | 11:38 WIB

Editor : Muhamad Ibrahim

Reporter : Yatti Febriningsih

Stasiun Bogor. (Ist)
Stasiun Bogor. (Ist)
Foto : istimewa

Pembangunan Transit Oriented Development (TOD) di area Stasiun Bogor bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna transportasi umum khususnya Kere

JAKARTA - Pembangunan konsep hunian yang terintegrasi moda transportasi Transit Oriented Development (TOD) siap dibangun, salah satunya di Kota Bogor. Rencananya, pembangunan juga akan mendapat dukungan dari Kementerian Perhubungan.

“Suatu proyek yang bagus sekali untuk menjadikan Stasiun Bogor sebagai TOD. TOD menyelesaikan banyak hal. Bagaimana kita konsentrasikan movement (pergerakan) masyarakat di satu titik. Bagaimana kita mengefisienkan ruang kota, sehingga TOD adalah satu paduan moda transportasi seperti MRT, BRT dan LRT,” ujar Menteri perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi yang diterima Infonitas.com, Selasa (12/9/). 

Senada dengan Menhub, Menteri  BUMN  Rini Sumarno menyetujui menyetujui rencana pembangunan TOD di area Stasiun Bogor. Menurutnya, hal tersebut untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna transportasi umum khususnya Kereta Rel Listrik (KRL) di stasiun Bogor khususnya.

“Saya sudah berkali-kali melihat stasiunnya.  Memang sudah tidak memadai untuk penumpang yang 600 ribu sehari. Kita cari solusi, bekerja sama, bersinergi sehingga bisa melakukan pembangunan yang bisa menjadi kesatuan dari kehendak pemerintah Bogor supaya transportasi publiknya bisa lebih baik dan lebih nyaman,” jelas Rini.

Rini mengatakan akan segera mengurus masalah perizinan terkait rencana pembangunan  ini dalam waktu dekat. Selanjtnya, jika semuanya selesai, Rini  menargetkan pembangunan ini untuk bisa rampung dalam jangka kurang dari dua tahun.

“Seluruh perizinan dapat segera diselesaikan, sehingga Ground Breaking TOD di Stasiun Bogor bisa dilakukan 5 Oktober 2017. Kita harap tidak sampai 24 bulan, proyek TOD ini bisa selesai,” tandasnya.