Infonitas > Kelapa Gading > Usaha >

Rasa Cinta Terhadap Produk Dalam Negeri Bisa Buat Indonesia Maju

Minggu, 18 November 2018 | 11:32 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

Billionaire Mindset Indonesia.
Billionaire Mindset Indonesia.
Foto : R Maulana Yusuf

Rasa cinta terhadap produk dalam negeri bisa membuat dominasi pasar asing di Indonesia melemah. Hingga akhirnya, Indonesia bisa menjadi negara maju.

PENJARINGAN - Tommy Wong,  Founder victorindo Group yang juga merupakan Ketua umum Billionaire Mindset Indonesia meyakini kebiasaan masyarakat Indonesia  yang senang bergotong royong dan memiliki empati dengan sesama yang tinggi ketimbang bangsa lain akan membuat Indonesia menjadi negara yang sangat maju terutama dari sisi bisnis.

Menurut Tommy, meskipun negara luar bisa menawarkan produknya di Indonesia tidak akan berpengaruh besar jika masyarakat Indonesia lebih mencintai produk dalam negeri. "Kalau  kita satu sama lain belajar mencintai, bela produk dalam negeri, cintai produk dari teman-teman kita saya rasa semua akan seimbang," ungkapnya.

Selain itu,  tidak selamanya produk negara luar cocok dengan masyarakat dan kebiasaan masyarakat Indonesia. "Kita negara tropis, saya rasa jaket bulu dari luar belum tentu cocok dipakai sama kita di sini, tetapi kaos oblongan, kaos sederhana buatan anak lokal akan jadi tren mode yang baru di kalangan kita," ujarnya.

"Kita bisa satu sama lain bergandengan tangan  mencintai produk sendiri sehingga akan membuat  Indonesia bisa menjadi negara yang sangat maju," tutupnya.