Infonitas > Kelapa Gading > Usaha >

Cara Hadapi Persaingan Ala Holiday Inn Express JIExpo

Selasa, 2 Januari 2018 | 14:02 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : R Maulana Yusuf

Holiday Inn Express JIExpo Kemayoran
Holiday Inn Express JIExpo Kemayoran
Foto : R Maulana Yusuf

Lokasi yang berada di jantung kota Kemayoran, tepatnya tak jauh dari JIEXpo Kemayoran, menjadi cara hadapi persaingan ala Holiday Inn Express JIExpo.

KEMAYORAN - Persaingan usaha di bisnis hotel nampaknya semakin ketat. Sepuluh tahun terakhir bisnis perhotelan di Indonesia semakin tumbuh subur. Hal ini, terlihat dari bermunculan hotel-hotel baru. Salah satunya di kawasan Sunter dan sekitarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) saat ini, total keseluruhan jumlah unit baik hotel berbintang maupun tidak di indonesia ada sekitar 530 ribu unit.Hal tersebut dibenarkan oleh Priskilla Wanda, Assistant Marketing Communication and Distribution Manager Holiday Inn Express Jakarta International Expo.

Menurutnya banyak hotel baru yang bermunculan membuat persaingan menjadi semakin kompetitif, apalagi pesaing Holiday Inn Express Jakarta International Expo full service. Namun baginya persaingan akan membuat ia dan tim menjadi kreatif dan inovatif.

“Kalau ada acara di Jiexpo hotel kita yang penuh lebih dulu karena aksesnya yang dekat, JIExpo menurut saya seperti jantung bisnisnya Kemayoran dan Sunter. Apapun naik turunnya okupansi hotel sangat tergantung dari event yang diselenggarakan di JIExpo,”tuturnya saat berbincang dengan infonitas.com, Selasa(2/1/2018)

Wanda mengaku okupansi hotel di 2017 lalu mengalami kenaikan dibanding 2016. Bahkan revenue ikut naik signifikan. Di 2018, ia berharap okupasi dan revenue hotel kembali meningkat terlebih indonesia akan menyelenggarakan Asian Games 2018.

"Kami berharap akan meningkatkan tingkat hunian kamar melebihi tahun 2017. Untuk bulan2 yang agak sepi seperti bulan ramadhan jg kami harapkan masih bisa mencapai okupansi yang baik minimal di atas 50% karena bersamaan dengan adanya Jakarta Fair 2018,"tandasnya.