Infonitas > Kelapa Gading > Usaha >

Belum Ada Sewa Harley Davidson di Indonesia

Rabu, 28 November 2018 | 14:37 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

Harley Davidson.
Harley Davidson.
Foto : istimewa

Berbeda dengan Amerika, bisnis sewa-menyewa motor Harley Davidson belum ada di Indonesia.

KELAPA GADING - Bisnis penyewaan motor gede atau biasa disebut Moge seperti Harley Davidson di Indonesia hingga saat ini belum terlihat meski konsumen moge di Tanah Air terbilang besar. Terlihat dari terus bermunculan komunitas-komunitas motor buatan Amerika ini. 

Padahal, di negara asalnya Amerika Serikat, bisnis sewa-menyewa moge sudah menjadi hal lumrah. Siapa saja yang ingin memuaskan hobi touring tak perlu membelinya.

Hal tersebut diungkapkan Sahat Manalu Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta. Dia sudah menjajalnya saat menghadiri perayaan Ulang Tahun ke-115 tahun Harley-Davidson di Milwaukee, Amerika Serikat. Dia bersama sejumlah penggila Harley mengikuti pawai ribuan motor, berkeliling kota Milwaukee.

"Kita sewa motor saja di sana karena kalau bawa motor Harley dari Indonesia urusan custom-nya lama dan lebih mahal. Biaya sewa motor di sana cukup murah karena harga jual motor Harley di sana enggak semahal di sini. Biaya sewa hanya 120 dolar saja per hari dengan kilometer yang unlimited," ungkapnya kepada infonitas.com beberapa waktu lalu.

Di  Amerika Serikat, jaringan outlet Harley Davidson juga banyak dan manajemen bisnis penyewaannya sangat bagus. "Konsumen di sana bisa sewa motor, kalau sudah selesai masa sewanya, motornya bisa diserahkan atau dikembalikan di cabang outlet saat dia menyewa atau dikembalikan di outlet Harley Davidson di kota mana saja," ujarnya.

"Soal surat izin mengemudi moge buat kita yang WNI, cukup pakai SIM yang biasa kita pakai di Jakarta saja. Itu sudah bisa digunakan untuk mengemudikan motor Harley di sana," tutupnya.