Infonitas > Kelapa Gading > Laporan Utama >

Setengah Kilogram Sabu Dimusnahkan, BNNK Jakut Penjarakan 3 Kurir

Kamis, 6 Desember 2018 | 14:18 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

Pemusnahan sabu.
Pemusnahan sabu.
Foto : Adi Wijaya

`BNNK Jakut memusnahkan setengah kilogram sabu dan memenjarakan 3 kurir, yakni MY, SYN, dan F.

TANJUNG PRIOK - Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan sekitar setengah kilogram Narkotika jenis sabu. Barang haram diperoleh dari tiga ungkapan kasus berbeda sepanjang September hingga November 2018.

Kasie Brantas BNN Kota Jakarta Utaea, AKP I Gede Putu Darmawan mengatakan total sabu yang dimusnahkan mencapai 526,12 gram. Dari tiga pengungkapan kasus, aparat juga turut memenjarakan tiga tersangka yang berperan sebagai kurir, yakni MY, SYN, dan F.

"Kita bekerja sama dengan pihak Bea Cukai, Kejari, dan Polres untuk mengungkap kasus-kasus Narkotika ke depannya," kata Gede, saat ditemui di kantor BNNK Jakarta Utara, Kamis (6/12/2018).

Tersangka MY ditangkap di kediamannya di kawasan Hutan Kayu, Jakarta Timur. Sedangkan tersangka SYN ditangkap di Jalan Budi Rahayu, Jakarta Pusat, dan tersangka F ditangkap di kawasan Mangga Besar XIII. Barang bukti ketiganya masing-masing 14,85 gram, 496 gram dan 15,27 gram.

"Dari total 526,12 gram sabu yang ada dimusnahkan sebesar 396 gram sisanya untuk penelitian laboratorium," tandasnya.

Berdasar pengakuan SYN, sabu dikirim lewat jasa ekspedisi. Dikirim dari Kongo, Afrika dengan menggunakan figura kayu. "Dia sudah beberapa kali menerima sabu itu. Sekali pengiriman dia diberi upah senilai Rp 5 juta," tutupnya.

Sabu dimusnahkan dengan cara diblender. Dicampur dengan cairan pembersih lantai. Ketiga pelaku yang telah diamankan akan dijerat Pasal 114 dan 112 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara.