Infonitas > Kelapa Gading > Laporan Utama >

Presiden Jokowi Resmikan Tol Becakayu di Bekasi

Jumat, 3 November 2017 | 10:42 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Indah Mulyanti

Presiden Jokowi meresmikan Tol Becakayu.
Presiden Jokowi meresmikan Tol Becakayu.
Foto : Indah Mulyanti

Tol Becakayu yang memiliki Surat Perintah Kerja (SPK) sejak tahun 1996 hari ini sudah rampung setelah mangkrak selama 21 tahun.

BEKASI - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), pagi ini Jumat (3/11/2017) meresmikan jalur Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sepanjang 23,76 kilometer di pintu masuk Sumber Artha Bekasi Barat.

Dalam peresmian itu, Jokowi didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumardji, Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono, dan Menteri BUMN Rini Soemarno,

Presiden Jokowi melakukan rangkaian kegiatan mulai dari tinjauan jalan tol bersama perusahaan BUMN PT Waskita dan anak perusahaan PT Kresna Kusuma Dyandra Marga (KKDM), memencet sirine pembukaan tol, hingga konvoi menggunakan kendaraan off road.

Agenda ini juga dihadiri oleh Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, sejumlah jajaran SKPD, dan beberapa anggota DPRD Kota Bekasi. 

"Hari ini kita resmikan Tol Becakayu untuk mengurai kemacetan yang sudah bertahun-tahun ada di kawasan Kalimalang yang menghubungkan Jakarta-Bekasi," ujar Joko Widodo dihadapan awak media.

Ia mengatakan, Tol Becakayu yang memiliki Surat Perintah Kerja (SPK) sejak tahun 1996 ini telah mangkrak pekerjaannya selama 21 tahun. 

"Setelah 21 tahun mangkrak, tahun ini selesai dan nantinya diteruskan ke Tambun dan Bekasi Barat. Jadi, dari Jakarta ke Bekasi bisa lancar. Mulai hari ini bisa langsung dipakai supaya perusahaan juga ada pemasukan. Untuk pengawasan, kita juga akan jalan terus. Meski tadinya dibilang enggak akan selesai kan akhirnya selesai juga," pungkasnya.

Koridor Tol Becakayu yang diresmikan terdiri dari dua ruas, yakni 1B yang menghubungkan Cipinang Melayu-Pangkalan Jati dan 1C Pangkalan Jati-Jakasampurna dengan total panjang 8,4 kilometer.

Proyek Becakayu dengan panjang total 23,8 kilometer dari Jakarta Timur hingga Kota Bekasi masih menyisakan pengerjaan seksi 1A Casablanca-Cipinang Melayu dan seksi 2 dari Jatisampurna sampai Bekasi Timur sepanjang 9,2 kilometer. Sisa proyek tersebut ditargetkan rampung pada Maret 2018.