Infonitas > Kelapa Gading > Laporan Utama >

Ayo, Sukseskan Jumat Bersedekah

Minggu, 15 April 2018 | 01:17 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Adi Wijaya

gerakan Jumat Bersedekah
Sosialisasi Gerakan Jumat Bersedekah di Masjid Al Musyawarah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018).
Foto : Adi Wijaya

Program Gerakan Jumat Bersedekah merupakan gagasan dari Pemkot Jakarta Utara guna mendukung program-program lain.

KELAPA GADING - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara meluncurkan program gerakan Jumat bersedekah. Gerakan yang digagas Badan Amil Zakat dan Shadaqah (BAZIS) Jakarta sebagai bentuk kepedulian sesama manusia.

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad mengatakan, gerakan tersebut berkonsep sedekah di hari Jumat. Bertujuan mengajak, mengimbau dan menggugah setiap individu maupun perusahaan menyalurkan sebagian rejekinya melalui BAZIS.

"Semua pihak yang kelebihan rejeki bisa menyalurkan ke BAZIS. Nanti akan disalurkan ke berbagai program yang sudah berjalan," kata Husein, saat ditemui di Masjid Al Musyawarah, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (14/4/2018).

Tidak ada target nominal dalam gerakan tersebut. Indikator keberhasilan program yakni banyaknya pihak yang tergugah menyalurkan zakat, infak dan sodakoh melalui BAZIS Jakarta Utara.

"Enggak ada target. Namanya juga sedekah," jelasnya.

Sementara, Kepala BAZIS Jakarta Utara Hari Agusti Hiyayat menjelaskan, hasil sedekah akan disalurkan untuk lima program, yakni program Jakarta cerdas, Jakarta mandiri, Jakarta berzakat, Jakarta perduli dan Jakarta pintar. Sejauh ini, program-program tersebut sudah terealisasi dengan baik.

"Gerakan ini menggandeng seluruh stakeholder terkait seperti Dewan Masjid, kelurahan dan sekolah. Sehingga, setiap Jumat mereka turut berpartisipasi mengajak masyarakat untuk menyalurkan ZIS melalui BAZIS. Kita mulai pekan depan," tutupnya.