Infonitas > Kelapa Gading > Komunitas >

Sopan Berkendara Ala NMax Riders Jakarta Utara

Rabu, 10 Januari 2018 | 14:30 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : Muhammad Azzam

NMax Riders Jakarta Utara
NMax Riders Jakarta Utara
Foto : Muhammad Azzam

Tanpa menggunakan sirine dan strobo, merupakan cara berkendara dengan sopan ala Nmax Riders Jakarta Utara.

KOJA - Klub motor kerap melakukan touring ke berbagai daerah. Namun, masih banyak sekali yang meresahkan pengguna jalan lainnya, dengan cara meminggirkan kendaraan lainnya sembarang serta penggunaan sirine dan Strobo.

Berbeda halnya dengan klub motor NMax Riders Jakarta Utara. Komunitas motor matic ini selalu mengusung touring sopan dan ramah pengendara. Menurut Agus Ismanto, Ketua Koordinator NMax Riders wilayah Jakarta Utara selalu melakukan touring dengan safety riding dan juga tidak menggunakan sirine ataupun strobo.

"Touring tanpa lampu isyarat strobo dan sirine.  Itu yang kita tanamkan, kita masih memperbolehkan memasang itu tapi tidak digunakan saat touring,"ungkapnya saat berbincang dengan infonitas.com di Teras Koja, Jakarta Utara pada pekan lalu.

Agus menilai komunitasnya ingin menjadi pembeda dengan yang lainnya, yaitu sebagai pelopor klub motor yang taat pada aturan lalu lintas dan juga tidak mengganggu pengendara lain.

"Penggunaan sirine Strobo itu kan jelas bising dan menganggu sekali, itu kami gunakan saat mengawal jenazah saat kerabat member kami ada yang meninggal, ataupun kondisi darurat lainnya, kalau untuk touring diharamkan, sanksinya jelas dan itu sudah jadi kesepakan,"tuturnya.

Untuk menjaga agar tidak tertinggal atau terputus iring-iringan karena tidak menggunakan isyarat strobo sirine, NR Jakarta Utara selalu memberikan pelatihan kepada member cara berkendara dengan baik dan teknik-teknik dalam safety riding touring.

"Dengan menguasai teknik safety riding touring akan menekan kita tidak arogansi dalam berkendara dan tidak perlu menggunakan isyarat sirine atau strobo, sopan dan tidak menganggu pengendara lain itu yang harus diperhatikan para klub motor,"tutupnya.