Infonitas > Kelapa Gading > Komunitas >

Komunitas Satu Kata Indonesia Godok Fisik dan Mental Sebelum ke Nepal

Jumat, 4 Mei 2018 | 17:43 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

satu kata indonesia
Komunitas Satu Kata Indonesia tengah berlatih sebagai persiapan menuju Nepal.
Foto : R Maulana Yusuf

Sebelas anggota Satu Kata Indonesia yang akan tampil di Nepal terus berlatih. Fokusnya juga ke fisik dan mental.

KELAPA GADING - Komunitas Satu Kata Indonesia rutin mengikuti festival teater internasional. Akhir bulan ini, mereka akan tampil di 2nd Kathmandu International Children’s Theatre Festival 2018, Nepal.

Rencananya, komunitas yang rutin berlatih di Sport club Perumahan Gading Arcadia, Kelapa Gading ini akan menampilkan teater yang sama saat di 14th World Festival of Children’s Theatre (WFCT) di Ontario, Canada pada 2016. "Kami akan kembali menampilkan Cerita Cindelaras karena itu yang lolos seleksi, kemarin kami mengirimkan dua judul untuk diseleksi yaitu Cindelaras dan Mision in Peace (misi perdamaian untuk anak-anak) dulu juga pernah ditampilkan di Monaco. Ternyata yang diminta cindelaras," ungkap Alika Chandra, Pemimpin sekaligus Sutradara Satu Kata Indonesia.

Meskipun dengan cerita yang sama, menurutnya pemainnya berbeda karena Komunitas Satu Kata Indonesia beregenerasi dengan memadukan 2 pemain lama dan 9 pemain baru. Tentu, tantangannya berbeda. Sebab, mental pemain lama dan baru berbeda.

"Saya selalu memberikan motivasi. Saya selalu katakan sama mereka harus bangga, setidaknya di pundak kamu ada nama Indonesia, tidak ada satu kata lagi atau nama kamu pribadi atau sekolah, yang disebut indonesia saat tampil, berarti merah putih sudah di pundak kamu, kamu harus bangga, apapun itu bawa nama Indonesia, bagus wajib, salah tidak usah dipikir, yang penting main bagus, kalau sampai ada takut, ngapain takut, penonton kamu anggap orang yang menyemangati kamu," ungkapnya.

Selain mental, Alika juga melatih fisik para pemainnya dengan rutin menggelar latihan selama dua kali dalam sepekan. "Fisik mereka kita latih juga dengan lari-lari angkat kaki setinggi mungkin, dan setiap latihan dimulai dengan pemanasan. Kami latihan tiap Rabu dan Sabtu," tandasnya.