Infonitas > Kelapa Gading > Komunitas >

Anak Elang Harley Davidson dan Surabaya Drag Community Gelar Drag Wars

Senin, 12 November 2018 | 10:09 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

anak elang
Press conference di Dealer Anak Elang Harley Davidson, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (11/11/2018).
Foto : R Maulana Yusuf

Anak Elang Harley Davidson bersama Surabaya Drag Community akan menggelar Indonesia drag wars 402m.

KELAPA GADING - Pencinta olah raga motor khususnya motor besar, kembali akan bernostalgia dengan salah satu tipe kegiatan sport motor berkubikasi besar yaitu drag race 402. Ajang balap ini sempat hilang di dunia sport Indonesia selama 13 tahun. Hingga pada 2017 silam, Speed Lovers lndonesia membuat lndonesian Big Bike Drag Race.

Kini, kerinduan para dragster dan pencinta ajang balap motor besar akan kembali terjawab. Ajang balap drag race menggunakan sepeda motor besar seperti Harley-Davidson bakal digelar kembali di Bogor, Jawa Barat, 17-18 November 2018 mendatang. Ajang kebut yang diinisiasi Surabaya Drag Community bersama Bodisa Motor Bogor dan  Anak Elang Harley-Davidson itu akan digelar di Lanud Rumpin, Bogor.

"Motor-motor yang bakal terlibat adalah motor besar dengan mesin di atas 500cc. Balapan lurus berjarak 402 meter ini dinamakan  Indonesia Drag Wars, yang memperlombakan 15 kelas, di antaranya BB1 HD Street 750cc, HD Sportster 1.200cc, HD Touring 1.800cc, Super FFA all bikes, dan masih banyak lagi. Kelas yang diperlombakan lebih banyak untuk Harley-Davidson," ungkap Ketua Panitia Indonesia Drag Wars, Boy Nugroho saat press conference di Dealer Anak Elang Harley Davidson, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (11/11/2018).

Total jarak lintasan sepanjang 1.000 meter, racenya 402 meter dan sisanya adalah jarak pengereman yang sudah disesuaikan regulasi internasional. "Setelah finish tidak perlu rem masih aman, karena internasional jarak pengereman saja hanya 400 meter. Kami hampir 600 meter untuk pengeremannya," ujarnya.

Panitia menargetkan 150 peserta. Target ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya diikuti 120 peserta. " Panitia sudah membuka pendaftaran sejak awal bulan Peraturannya masih sama seperti tahun lalu. Peserta harus menggunakan perlengkapan safety gear, dan motor tidak boleh menaikkan volume silinder. Jadi mau ubahan pengapian, kopling dan segala macam boleh asal jangan menaikkan kapasitas mesin," imbuhnya.

Sebagai informasi dalam ajang ini para peserta harus melakukan registrasi ulang pada Jumat, 16 November 2018. Selain registrasi ulang, peserta akan menjalani proses scrutinering dan mendapat jadwal untuk melakukan free practice. Para peserta big bike drag race akan bertanding pada Sabtu, 17 November 2018.