Infonitas > Kelapa Gading > Kesehatan >

Keberadaan Komunitas Sangat Penting untuk Penderita Kanker

Kamis, 8 November 2018 | 19:06 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : R Maulana Yusuf

Deteksi Dini Kanker Payudara
Ilustrasi - Deteksi Dini Kanker Payudara
Foto : istimewa

Seorang penderita harus bergabung dengan komunitas-komunitas kanker guna menjaga pikiran agar terus positif.

KELAPA GADING - Seseorang tentu tidak mudah menerima kondisi ketika dinyatakan sebagai penderita kanker. Semangat hidup pasti mengendur. Sebab, kanker adalah penyakit mematikan. Proses penyembuhannya pun membutuhkan waktu yang lama dan biaya yang besar.

Itu sebabnya, kata Mia Deliyanthi, seorang penderita harus bergabung dengan komunitas-komunitas kanker guna menjaga pikiran agar terus positif. Sehingga, penderita bisa menjalani hidup dengan bergembira. "Vonis kanker bukan akhir segalanya," ucap wanita yang sudah menderita kanker sejak usia 29 tahun ini.

Adapun Mia, memilih menjadi anggota Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) sejak 2016. Tidak hanya teman-teman seperjuangan, lewat wadah ini, dia juga mendapat banyak pengetahuan seputar kanker dari para dokter lewat seminar yang rutin diadakan.

"Jadi, dari seminar dokter-dokter tersebut, kita tahu apa yang harus dilakukan, misalnya setelah operasi, kemo, atau lainnya yang berkaitan dengan kanker. Masuk Komunitas bagi penderita kanker sangat penting sekali untuk bisa saling memberikan semangat dan motivasi untuk melawan kanker," tutupnya.