Infonitas > Kelapa Gading > Kesehatan >

Ini Alasan Puskesmas Cilincing Terapkan Program e-Cinta

Rabu, 13 Sepember 2017 | 17:03 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : Adi Wijaya

Peluncuran program e-cinta di Puskesmas Cilincing dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara dan jajaran Muspida setempat
Peluncuran program e-cinta di Puskesmas Cilincing dihadiri oleh Wali Kota Jakarta Utara dan jajaran Muspida setempat
Foto : Adi Wijaya

Anggaran yang tinggi dalam pengadaan kegiatan deteksi tumbuh kembang anak secara konvesional membuat Puskesmas Cilincing menerapkan program e-Cinta.

CILINCING – Penerapan program e-Cinta oleh Tim Gugus Kendali Mutu Puskesmas Kecamatan Cilincing sebagai cara menekan tingginya budget pengadaan berkas. Berkas yang membutuhkan banyak kertas itu, merupakan salinan atau fotokopi modul dari Kementerian Kesehatan RI.

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing Leny Ariyani menerangkan, budget pengadaan berkas mencapai Rp 16 juta per enam bulan. Namun, dengan program e-Cinta, anggaran menjadi lebih efisien, yakni sebesar Rp 500 ribu per tahun untuk biaya 'hosting' dan Rp 10 juta untuk biaya pembuatan program (selamanya).

"Tentu budget-nya sangat efisien dibandingkan menggunakan lembaran kertas," terang Leny saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jalan Sungai Landak, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (13/9/2017).

Dalam program tersebut, Leny mengaku tim kesehatan hanya tinggal mencatat tumbuh kembang anak melalui data internet. Sehingga tak perlu lagi merasa ribet membawa kertas modul yang cukup tebal.

"Jadi sekarang tim hanya membuka internet dan mengisi data tumbuh kembang anak di sana. Tak perlu lagi ribet membawanya saat melakukan pendataan," jelasnya.

Tak hanya itu, dia menambahkan, tak ada lagi alasan guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk tak terlibat dalam program tersebut. Sebab, sebelumnya jika menggunakan lembaran kertas, mereka enggan terlibat dengan alasan tak memiliki budget untuk memfotokopi modul.

"Jadi ngga ada lagi alasan ke tidak terlibat an guru Paud dalam program ini. Peran mereka sangat penting dalam tumbuh kembang anak pada usia emas," tutupnya.