Infonitas > Kelapa Gading > Kesehatan >

Deteksi Tumbuh Kembang Anak Via e-Cinta di Cilincing

Rabu, 13 Sepember 2017 | 16:23 WIB

Editor : Nurul Julaikah

Reporter : Adi Wijaya

Metode program e-Cinta
Metode program e-Cinta
Foto : Adi Wijaya

Kini, ada program baru untuk mendeteksi tumbuh kembang anak. Program ini berlaku di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara yakni program e-Cinta.

CILINCING - Puskesmas Kecamatan Cilincing terus berinovasi menghadirkan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Kali ini, penerapan program berbasis internet, yakni aplikasi e-Cinta. Aplikasi ini akronim dari Cara Indah Merangsang Tumbuh Kembang Anak (e-Cinta).

Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing Leny Ariyani mengatakan, program tersebut beranjak dari pemikiran Tim Gugus Kendali Mutu melihat permasalahan kesehatan di wilayah kecamatan Cilincing, terutama pada kasus pengidap gizi buruk. Tim kesehatan akan mencatat perkembangan setiap anak yang terdata dalam program itu.

"Gizi buruk tentu dapat berpengaruh pada lambatnya tumbuh kembang anak pada emas (0-6 tahun). Contohnya, anak lambat untuk dapat berbicara," kata Leny, saat ditemui di Puskesmas Kecamatan Cilincing, Jalan Sungai Landak, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (13/9/2017).

Dijelaskannya, program tersebut berisikan sejumlah data anak dan pedoman tumbuh kembang anak pada usia emas. Bukan hanya tim kesehatan puskesmas, kedepannya, guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) juga akan terlibat dalam program itu.

"Tim akan mencatat data anak sehingga dapat mendeteksi sejauh mana tumbuh kembangnya. Jika tak sesuai dengan anak seusianya, maka tim akan meminta keluarga untuk segera memperhatikan kondisi anak itu," jelasnya.

Tak hanya itu, dia juga membuka kelas 'Cinta'. Kelas ini sebagai realisasi demi mewujudkan tumbuh kembang anak seusianya. Anak dan orangtua dapat berkonsultasi dengan tim kesehatan dan memberika pelatihan agar anak tumbuh-kembang sesuai usianya.

"Saat ini, kelas 'Cinta' baru dibuka di puskesmas kecamatan. Ke depannya akan dibuka di tiap puskesmas kelurahan. Jadi lebih dekat dengan masyarakat," tutupnya.