Infonitas > Kelapa Gading > Kesehatan >

Atasi Nyeri Keseleo Dengan Air Es

Kamis, 14 Sepember 2017 | 13:26 WIB

Editor : Utami Sulistiowaty

Reporter : R Maulana Yusuf

Natheraphy Clinic Kelapa Gading
Konsultasi fisioterapi di Natheraphy Clinic
Foto : R Maulana Yusuf

Air es membuat pembuluh darah menciut, aliran darah tidak banyak. Sehingga, bengkak dan rasa nyeri berkurang

KELAPA GADING – Pernah mengalami bengkak karena keseleo, terkilir, atau menambrak benda keras pada bagian tubuh tertentu terutama kaki. Pada saat mengalami kondisi tersebut, rasa sakit dan tidak nyaman muncul. Bahkan mengganggu aktivitas. Saat bengkak apa yang bisa dilakukan agar tak semakin parah?

“Kurang bagus kalau langsung diurut, malah akan makin bengkak. Karena pecah pembuluh darah dan harus dikompres dengan air dingin atau es  supaya dia menciut, bukan diurut atau dikasih obat panas,” kata James Manik, Head Physiotherapy Natheraphy Clinic saat ditemui di kliniknya, Senin (11/9/2017).

James mengatakan apabila diurut atau diberi obat panas, bagian yang keseleo akan semakin membengkak. Parahnya lagi, kondisi ini dapat menyebabkan bagian pembuluh darah melebar bahkan bagian lain juga akan mengalami hal yang sama.

Untuk mengobatinya, James menyarankan segera mengompres bagian yang cedera dengan air dingin atau es  selama 2x24 jam untuk meringankan rasa nyeri.

“Tujuan memberikan es selain mengurangi rasa nyeri, juga es sifatnya membuat pembuluh darah menjadi menciut, kalau pembuluh darah menciut maka aliran darah sudah tidak terlalu banyak sehingga bengkaknya berangsur-angsur berkurang disamping ada efek sedative atau rasa nyaman atau rasa nyeri  berkurang,” tutupnya.