Infonitas > Kebayoran > Properti >

Colliers: Pasar Expatriate Housing Alami Stagnasi

Jumat, 6 Juli 2018 | 18:00 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Ichwan Hasanudin

Ekspatriat Lirik Apartemen Elit
Apartemen Darmawangsa, salah satu apartemen incaran ekspatriat.
Foto :

Pasar expatriate housing tidak mengalami perubahan. Sedikitnya proyek skala besar nasional menjadi alasan permintaan expatriate housing tidak bergerak.

KEBAYORAN – Pasar expatriate housing tidak ada perubahan dibanding tahun sebelumnya. Tidak bergeraknya pertumbuhan hunian tenaga kerja asing ini disebabkan oleh beberapa faktor.

Menurut Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto, faktor tersebut antara lain berakhirnya kontrak kerja dan sedikitnya proyek besar berskala nasional di Jakarta menjadi alasan tingkat permintaan expatriate housing tidak bergerak.

Industri jasa, manufaktur, kantor perwakilan negara asing dan institusi keuangan masih menjadi penggerak utama permintaan hunian ekspat.

Jika dilihat dari tipe hunian, permintaan rumah dalam komplek tetap tinggi. Sebaliknya, permintaan rumah tunggal di luar komplek cenderung turun.

“Salah satu pertimbangannya adalah keamanan. Para ekspat ini akan merasa nyaman dengan keamanan yang dijaga. Berbeda dengan single house,” katanya.

Di lihat dari segi harga, harga sewa untuk properti yang minatnya tinggi cenderung naik. Sementara properti yang tidak banyak peminat, pemilik cenderung memberikan potongan tarif sewa sebesar USD 500 - 1.000 untuk menarik minat calon penyewa.

Ferry menyorot banyaknya ekspat asal Tiongkok yang datang ke Jakarta ternyata tidak banyak mempengaruhi permintaan apartemen servis ataupun rumah untuk ekspat.

Salah satu alasannya adalah budget yang terbatas dan faktor efisiensi merupakan alasan mereka memilih apartemen menengah-bawah dan kost-kostan di sekitaran Kuningan.

Untuk wilayah, Jakarta Selatan dan Menteng masih menjadi area incaran ekspat karena lokasinya yang strategis dan lengkap dengan sarana pendukung untuk aktifitas keluarga mereka, seperti sekolah, mal, rumah sakit, dan pusat hiburan lainnya.