Infonitas > Kebayoran > Laporan Utama >

PPLIPI: Bukan Sekadar Rumah Tangga, Perempuan Bantu Ekonomi Keluarga

Kamis, 12 Juli 2018 | 15:00 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Rachli Anugrah Rizky

PPLIPI memberikan bantuan modal untuk perempuan pelaku umkm
Ketua Umum PPLIPI Indah Suryadharma Ali memberikan sambutan saat kegiatan Pemberian Permodalan Kepada Perempuan Pelaku UMKM di Convention Hall Gedung SMESCO, Pancoran, Jakarta Selatan.
Foto : Azhari Setiawan

Dengan bantuan permodalan, perempuan tak hanya sekadar mengurus rumah tangga namun juga membantu perekonomian keluarga.

PANCORAN – Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) memberikan bantuan permodalam untuk 5.600 perempuan pelaku UMKM. Pemberian modal itu dilakukan di Convention Hall Gedung SMESCO, Pancoran, Jakarta Selatan, pada Rabu (11/7/2018).

Menurut Ketua Umum PPLIPI Indah Suryadharma Ali, perempuan saat ini bukan hanya sekadar mengurus rumah tangga, tetapi juga bisa ikut membantu perekonomian keluarga.

Kami berharap perempuan yang tergabung di PPLIPI bisa membantu persoalan yang ada pada kaum perempuan, salah satunya pemberian modal seperti ini," katanya.

Penerima bantuan permodalan ini adalah pedagang kaki lima yang oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno pada Desember tahun lalu definisinya diganti menjadi Pengusaha Kecil Mandari.

Jenis usaha tersebut seperti halnya pedagang nasi uduk, lontong sayur, minuman, gorengan, hingga buah dan sayuran.

Jenis usaha semacam itu menjadi pilihan para perempuan Indonesia dengan pertimbangan tidak terlalu membutuhkan keterampilan khusus, modal minim, dan dapat dilakukan kapan saja.

Pemberian permodalan ini, PPLIPI melihat kebanyakan dari pedagang tidak memiliki akses untuk mendapatkan pinjaman modal. Sehingga, umumnya mereka tidak dapat meningkatkan usahanya karena terkendala masalah modal.