Infonitas > Kebayoran > Laporan Utama >

Kadishub Jakarta: Jalan Thamrin Jadi Kawasan Tertib Lalu Lintas

Jumat, 12 Januari 2018 | 18:00 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Wildan Kusuma

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah
Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah (Ist)
Foto : istimewa

Kadishub DKI Jakarta ingin menjadikan sekitar Jalan MH Thamrin sebagai kawasan tertib lalu lintas sehingga perlu diperketat pengawasannya.

KEBAYORAN - Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, pihaknya juga ingin menjadikan sekitar Jalan MH Thamrin sebagai kawasan tertib lalu lintas. Artinya, penjagaan di sana akan diperketat dan Dishub DKI akan berkoordinasi dengan sejumlah pihak.

"Nanti apa-apa saja yang dijadikan parameter tersebut menjadi kawasan ketertiban lalu lintas, saya dibantu pakar BPKJ dan stakeholder lain dan tentu polisi, karena ini harus sesuai ketentuan untuk dijadikan kawasan tertib lantas,"

Penjagaan itu, lanjut Andry, berkaitan dengan maraknya pengendara sepeda motor yang naik ke trotoar. Hal tersebut dinilai menjadi prilaku buruk pengendara.

Selain itu, pihaknya akan meminta Ditlantas untuk mempertebal anggota yang berjaga. Tujuannya, untuk ketertiban dan keselamatan pengendara dan pejalan kaki.

Sebelumnya MA mengabulkan gugatan uji materi terhadap Pergub DKI Jakarta Nomor 195 Tahun 2014 Tentang Pembatasan Lalu Lintas Sepeda Motor. Kebijakan ini terbit pada era kepemimpinan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Uji materi ini dilayangkan Yuliansyah Hamid yang bekerja sebagai wartawan, dan Diki Iskandar yang bekerja sebagai pengemudi ojek online.

Atas putusan itu, Dinas Perhubungan DKI merespons dengan mencopot rambu-rambu larangan melintas sepeda motor di sepanjang ruas Jalan MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat. Kini, sepeda motor dapat kembali melintasi jalan protokol tersebut.