Infonitas > Kebayoran > Laporan Utama >

ASEAN Rice Bowl Startup Awards 2018 Kembali Digelar

Jumat, 8 Juni 2018 | 18:25 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Konferensi pers ASEAN Rice Bowl Startup Awards.
Konferensi pers ASEAN Rice Bowl Startup Awards.
Foto : istimewa

ASEAN Rice Bowl Startup Awards yang akan digelar kembali di Bali, memberikan semangat berinovasi dan wirausaha di komunitas startup seluruh ASEAN.

JAKARTA - Ajang pemilihan perusahaan rintisan (starup) terbaik se-Asia, ASEAN Rice Bowl Starup Awards kembali digelar. Sejumlah nama starup terbaik sudah masuk ke dalam nominasi ajang bergengsi ini sejak tanggal 1 Mei 2018 lalu.

Di tahun sebelumnya, ajang ini memperoleh lebih dari 1.000 nominasi untuk 15 anugerah dalam mencari yang terbaik bagi setiap kategori. Di antaranya GoJek (Indonesia), Grab (Singapura), Eatigo (Thailand), Star Ticket (Myanmar), QuikWire (Philippines) dan Zoom (Malaysia).

Seperti keterangan pers yang diterima Infonitas.com, Jumat (8/6/2018), ajang untuk ke empat kalinya ini bergerak dalam dua tahapan, yaitu Nasional dan Regional. Pada tanggal 31 Juli 2018 nanti, 10 negara di ASEAN ini akan mengumumkan pemenang-pemenang bagi setiap negara di bulan Augustus hingga September 2018.

New Entrepreneurs Foundation, dengan kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia yang juga pemilik brand Rice Bowl, ingin memberitahu pelantikan perusahaan lokal Indonesia, The Winner Institute sebagai Country Partner dan juga host untuk 2018 ASEAN Rice Bowl Startup Awards Gala.

Sementara di Indonesia, Rice Bowl Startup Awards Indonesia 2018 juga akan diumumkan sekitar periode tersebut. Pemenang-pemenang dari Indonesia akan mewakili negara Indonesia di ASEAN Rice Bowl Startup Awards yang akan diadakan pada Oktober 2018 di Bali, Indonesia.

Di tahun ini, Rice Bowl Startup Awards 2018 akan ada 18 kategori untuk dipertandingkan. Setiap anugerah memberi fokus pada pencarian dan penghargaan startup dan pengusaha ASEAN yang terbaik untuk setiap ekosistem.

Sebagai ruang pertandingan yang resmi untuk Global Startup Awards (GSA), pemenang ASEAN Rice Bowl akan bertanding dengan para pemenang dari negara lain seperti Nordic Startup Awards, Central Europe Startup Awards, South Asia Startup Awards dan South Africa Startup Awards di wadah akhir atau  final GSA untuk tahun 2019.

ASEAN Rice Bowl Startup Awards, yang dikelola oleh New Entrepreneurs Foundation, memberikan semangat berinovasi dan wirausaha di komunitas startup seluruh ASEAN.  Ajang ini juga memberi jalan pada startup dari Indonesia untuk bersaing di peringkat global.

Perhelatan ini juga terbuka untuk semua jenis perusahaan yang telah didirikan sejak 5 tahun lalu, atau telah berusia sekitar 5 tahun di Indonesia. Untuk tahun 2018, waktu nominasi dibuka dari tanggal 4 Mei 2018 dan ditutup pada tanggal 31 Juli 2018.