Infonitas > Kebayoran > Kesehatan >

Kulit Kena Psiorasis Tidak Dapat Pulih Seutuhnya

Jumat, 6 Juli 2018 | 18:30 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Reporter : Rachli Anugrah Rizky

Psiorasis
Kulit yang terkena psiorasis tidak bisa pulih sepenuhnya.
Foto : istimewa

Meskipun psiorasis tidak bisa sembuh, namun pengobatan dilakukan bertujuan meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.

CILANDAK - Pernah alami kondisi kulit yang terasa kering, kusam, bersisik, menebal dan disertai rasa gatal? Jika ya, itu merupakan beberapa tanda dari penyakit kulit psiorasis.

Penyebab psiorasis diduga terkait dengan gangguan autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang keliru menyerang sel-sel kulit yang sehat. Psiorasis muncul ketika produksi sel-sel kulit tubuh terjadi secara berlebihan.

Diterangkan oleh dr. Almond Wibowo. M.Biomed. AAM, penyakit ini bisa muncul diseluruh bagian tubuh. Selain itu, penyakit psiorasis ini bisa terjadi pada pria maupun wanita yang biasa berusia 28 tahun ke atas.

"Penyakit ini tidak bisa sempuh cepat. Pengakit ini bisa menurun dan sewaktu-saktu bisa timbul kembali," katanya.

Untuk mendiagnosa, tekstur kulit yang terinfeksi pada pengidap psoriasis memiliki bentuk yang khas, sehingga dokter dapat mengenalinya. Dokter juga akan menanyakan riwayat kesehatan keluarga serta mengadakan pemeriksaan fisik kulit.

Penyakit ini tidak berbahaya, namun jika dibiarkan akan menggangu kenyamanan dalam waktu yang lama. "Kalau semakin parah, bisa menyerang sendi," kata dokter kelahiran Tegal, Jawa Tengah ini.

Penyakit psiorasis tidak bisa pulih secara seutuhnya dan tidak ada pengobatan secara khusus. Guna mengurangi timbulnya gangguan dari penyakit ini perlu diperhatikan faktor pencetusnya. Seperti menggunakan lotion atau pelembab pada kulit kering.

Meskipun psiorasis tidak bisa sembuh, namun pengobatan tersebut bertujuan untuk meringankan gejala dan memperbaiki tekstur kulit yang terserang penyakit ini.