Infonitas > Kebayoran > Kecantikan >

6 Tips Memilih Kosmetika yang Aman

Rabu, 13 Sepember 2017 | 16:30 WIB

Editor : Ichwan Hasanudin

Sumber : BPOM RI

Tips memilih kosmetika yang aman.
Ilustrasi: Kosmetika dengan bahan berbahaya. (Foto: Hipwee)
Foto : istimewa

Membeli dan memilih kosmetika harus hati-hati. Banyak kosmetika mengandung bahan berbahaya seperti merkuri. Lalu, bagaimana memilih kosmetika yang aman?

KEBAYORAN – Tampil cantik dengan menggunakan kosmetika, sudah lumrah bagi semua wanita di Indonesia. Berbagai bentuk kemasan, merek, dan harga yang menaik ditawarkan oleh banyak produk kecantikan. 

Namun jangan lupa, memilih dan membeli kosmetika pun harus tetap berhati-hati. Jangan tergoda dengan merek terkenal. Pasalnya belum tentu merek terkenal itu asli. 

Saat ini sudah banyak produk kosmetika dari merek terkenal dipalsukan. Merek kosmetika itu dibanderol dengan harga yang jauh sangat murah. Kemasannya pun jika diperhatikan hampir mirip. Bahkan jika tidak teliti bisa terjebak membelinya.

Lantas, bagaimana cara memilih kosmetika yang aman? BPOM RI punya tips berguna agar konsumen tidak terjebak kosmetika palsu. Ini 6 tips memilih kosmetika.

1.Gunakan terlebih dahulu pada daerah di belakang telinga atau di balik telapak tangan untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

2.Cek kelengkapan label, nama dan alamat perusahaan, kegunaan, dan cara penggunaan, komposisi, tanggal kadaluarsa, dan lainnya.

3.Hati-hati terhadap produk palsu atau tiruan. Caranya dengan melihat lebih teliti kemasan dan segel kemasannya.

4.Hindari penggunaan kosmetik milik orang lain karena belum tentu sesuai dengan jenis kulit kita. 

5.Simpan kosmetik dengan baik.

6.Segera hentikan pemakaian kostetik dan hubungi dokter bila terjadi efek samping kosmetik.

Semoga tips ini bisa bermanfaat dalam memilik kosmetika yang aman.