Infonitas > Jakarta > Properti >

Skybridge Tanah Abang Rampung Pekan Depan

Jumat, 12 Oktober 2018 | 13:35 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Ilustrasi Sky Bridge Tanah Abang.
Ilustrasi Sky Bridge Tanah Abang.
Foto : istimewa

Skybridge Tanah Abang rampung pekan depan. Namun, baru sisi Stasiun Tanah Abang menuju Blok G Pasar Tanah Abang yang bisa digunakan.

JAKARTA - Pembangunan Jembatan Multiguna atau yang dikenal dengan Skybridge di Tanah Abang masih terus dikerjakan. Meski belum rampung 100 persen, jembatan dipastikan sudah bisa beroperasi dan melayani masyarakat mulai pekan depan. 

“Skybrigde Tanah Abang, 15 Oktober ini target kita sudah bisa mulai difungsikan. Tapi, ya masih terbatas,” ujar Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya, Yoory C Pinontoan di Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Sampai saat ini, proses pembangunan skybridge keseluruhannya sudah menyentuh angka 75 persen. Alhasil, saat beroperasi nanti hanya skybridge dari sisi Stasiun Tanah Abang menuju Blok G Pasar Tanah Abang yang bisa digunakan.

Sementara, bagian dari stasiun menuju Jalan Jatibaru Bengkel ditargetkan rampung pada 30 Oktober. “Dari stasiun, keluar masuk stasiun, menuju ke arah Blok G sudah bisa dipakai, hanya yang ke arah Jatibaru Bengkel yang belum selesai,” kata Yoory. 

Sebagai informasi, pembangunan skybrige merupakan bagian dari penataan kawasan Sentra Primer Tanah Abang. Skybrige rencanananya akan terintegrasi dengan Pasar Blok F dan G, serta Stasiun Tanah Abang hingga halte Transjakarta.

Selain berfungsi memecah sirkulasi pejalan kaki dari stasiun, skybrige juga bisa sebagai wadah menampung pedagang kaki lima yang memadati Jalan Jatibaru.

Pemprov DKI Jakarta menargetkan jika skybridge bisa menampung sebanyak 446 PKL di Tanah Abang.