Infonitas > Jakarta > Properti >

Molor, MRT Fase 2 Masih Dalam Tahap Lelang Ulang

Rabu, 7 November 2018 | 13:39 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Pembangunan jalan layang MRT
Pembangunan jalan layang MRT
Foto : istimewa

MRT Fase 2 masih dalam tahap lelang ulang. Proses lelang yang sudah dilakukan dianggap gagal karena beberapa alasan.

JAKARTA - Pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2 rute Bundaran HI-Kampung Bandan terpaksa tertunda. Groundbreaking baru bisa dilaksanakan pada Januari 2019. Molor satu bulan dari jadwal seharusnya yaitu Desember 2018. 

Molornya jadwal tersebut karena gagal tender dengan pihak kontraktor lokal. Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar mengatakan, saat ini pihaknya tengah dalam proses lelang ulang. 

“Masih lelang, kita juga memastikan seluruhnya berjalan dengan baik saja,” kata William di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (6/11/2018).

Sebelumnya, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta Silvia Halim menjelaskan, penundaan groundbreaking karena belum ada pemenang tender atau kontraktor yang siap mengerjakan MRT Fase 2. Dalam hal ini, proses lelang yang sudah dilakukan dianggap gagal karena beberapa alasan. 

“Lima (kontraktor) tapi yang ajukan dokumen satu, pas melalui tahap evaluasi teknis gagal karena ketersediaan alat. Kami minta kontraktrok yang lakukan pembangunan ternyata dijadwal groundbreaking peralatan banyak enggak ada, ada yang dikontrakan ke tempat lain dan keluar negeri juga,” jelas Silvi di Wisma Nusantara, Selasa (30/10/2018).

Sebagai Informasi, untuk pembangunan Fase II didanai dengan pinjaman dari luar negeri yakni Japan International Cooperation Agency (JICA) sebanyak 70.21 miliar yen atau setara dengan Rp 9.44 triliun. Pembangunan seluruhnya menghabiskan anggaran sebanyak Rp 22,5 triliun, jauh lebih besar dibandingkan pembangunan MRT Fase 1 yakni Rp 16 triliun dengan jarak 16 kilometer.

MRT Fase 2 akan memiliki panjang 8.3 kilometer dengan melewati delapan stasiun yang seluruhnya di bawah tanah atau underground section yakni Bundaran HI, Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan.