Infonitas > Jakarta > Pendidikan >

RISE & Harvard University Research

Jumat, 24 November 2017 | 15:07 WIB

Editor : Wahyu AH

Sumber : Infotorial

Binus
Bina Nusantara (Binus).
Foto : istimewa

Sekelompok profesor dari Harvard sempat meneliti kurikulum RISE. Hasilnya, sangat ideal untuk proses belajar bahasa Inggris.

JAKARTA – Bahasa Inggris telah menjelma menjadi bahasa komunikasi dunia. Menguasainya menjadi faktor wajib. Terlebih, di era perdagangan bebas dan digital seperti saat ini. Mempelajarinya tentu tidak sulit asal prosesnya tepat. Dalam arti, menggunakan sistem pembelajaran yang tepat.

Penelitian sekelompok profesor dari Harvard pada 2016 menyebut kurikulum RISE merupakan kurikulum ideal. Sangat inovatif karena menggabungkan konten pembelajaran lingkungan belajar dan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi anak-anak agar dapat mempelajari bahasa Inggris dengan efisien.

Program-program yang ditawarkan RISE juga bersifat progresif, melepaskan diri dari tradisi pengajaran yang konvensional, yang sangat dibutuhkan pada abad ke-21 ini. RISE menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyeluruh, memberikan kesempatan kepada anak-anak bereksplorasi dan berinteraksi, bukan hanya belajar dari buku cetak saja.

Sehingga, sesuai dengan tuntutan kebutuhan pendidikan masa kini dengan menggabungkan semua prinsip-prinsip pembelajaran. Fokusnya ke arah 4 prinsip: oral language sebagai landasarn dan pintu gerbang untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis efektif, strong reading and writing skills dibutuhkan oleh anak untuk siap menghadapi paparan topik dan ide-ide yang kompleks.

Lalu, speaking, listening, reading and writing skills. Diajarkan kepada anak melalui penggunaan dan praktik sehari-hari. Serta, student engagement yang digunakan sebagai inti dari pembelajaran 21st century language-learning.

RISE sangat senang mengembangkan potensi berkomunikasi dan berpikir anak yang akan berkontribusi tinggi terhadap masa dengan negara ini, juga dunia. RISE tidak bisa mengenyampingkan pentingnya kemampuan mereka untuk saling terhubung, menyelesaikan masalah, dan memimpin.

RISE hadir untuk menjadi bagian dari pengembangan para pemimpin masa depan dengan menyuguhkan pengalaman belajar yang interaktif dan berbasis teknologi. Kurikulumnya pun sudah diterapkan di banyak sekolah terkemuka di Amerika Serikat, China, Korea, Hongkong, Jepang, Thailand, dan Saudi Arabia.

Terfokus pada 5 kunci utama dalam perkembangan anak: Komunikasi, pengembangan konsep, pola pikir kritis, kolaborasi, dan kreativitas.

RISE Indonesia adalah bagian dari BINA NUSANTARA (BINUS). Pembelajaran ini dapat diikuti di 3 mal: Living World-Alam Sutera, Bintaro XChange, dan Central Park.