Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Tahun Depan, Angkot di Jakarta Wajib Pasang AC

Kamis, 7 Desember 2017 | 16:00 WIB

Editor : Wahyu AH

Reporter : Yatti Febriningsih

Angkot
Angkot di Jakarta
Foto : istimewa

Setiap angkot yang beroperasi di Jakarta wajib memasang fasilitas AC per Februari 2018.

JAKARTA – Aturan terkait perubahan posisi bangku di angkutan umum (Angkot) ternyata baru sekadar wacana. Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansah menegaskan belum ada aturan seperti itu. Aturan yang sudah ada terkait pemasangan AC.

“Itu salah. Jadi ketentuan kursi angkot menghadap kedepan itu tidak ada, belum ada. Tapi, memang dari organda mengusulkan, kedepan. Tapi kan harus kita bahas dulu," ucapnya di Balai Kota, Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Beda halnya dengan rencana pemasangan Air Conditioner (AC). Memang akan diterapkan pada Februari 2018. Ini, kata Andri, tercantum dalam Peraturan Menteri (PM) No 29 Tahun 2015 terkait Standart Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek terkait aspek kenyamanan disisipkan tambahan adanya larangan merokok dan dilengkapi AC.

"Kan kalo ketentuan untuk memasang AC ada. Wajib memasang AC. Nah, organda mengusulkan bagaimana kalau seupamanya angkot ini, begitu dipasang ac, kursinya juga berubah. Lagipula, belum ada dasar hukumnya. Yang baru ada dasar hukumnya baru AC nya," terang Andri.

Namun, Andri tidak menutup kemungkinan jika kedepannya wacana kursi angkot menghadap kedepan bisa terealisasi.

"Ya boleh-boleh (Kursi angkot menghadap depan). Makanya, tadi saya bilang usulan-usulan itu bagus. Tapi, harus banyak lagi yang harus dikaji. Kemarin kan kalau enggak salah dari organda yang kasih masukan dan contoh mobil/unitnya. Kita lihat, ok boleh. Tapi, kita kaji plus minusnya sepeti apa," pungkasnya.