Infonitas > Jakarta > Pemerintahan >

Pemprov DKI Siapkan 1.500 Bus Transjakarta Tujuan Venue Asian Games

Selasa, 10 Juli 2018 | 15:45 WIB

Editor : Galih Pratama

Reporter : Yatti Febriningsih

Transjakarta
Ilustrasi Transjakarta.
Foto : istimewa

Selain masyarakat, 1.500 bus Transjakarta yang disiapkan Pemprov DKI juga diperuntukkan bagi atlet ataupun jurnalis yang ingin menunju venue Asian Games.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menerapkan sistem ganjil-genap bagi kendaraan roda empat di Jakarta. Kebijakan ini berlaku selama perhelatan Asian Games yang akan berlangsung pada 18 Juli 2018 mendatang. 

Namun masyarakat yang ingin menonton pertandingan tidak perlu khawatir, karena Pemprov DKI menyediakan bus Transjakarta sebagai solusinya. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut ada sebanyak 1.500 bus Transjakarta siap digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat baik yang ingin menyaksikan pertandingan maupun yang ingin beraktivitas sehari-hari. 

“Kita sudah menyiapkan akan ada 1.500 bus dari Transjakarta yang akan disiapkan untuk mendukung Asian Games. Baik digunakan untuk transportasi para atlet oficial jurnalis dan juga untuk para warga yang akan mendatangi venue karena itu kita meminta kepada warga yang datang menonton menggunakan kendaraan umum,” kata Anies di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Dia menerangkan, nantinya pihak PT Transjakarta akan menyiapkan sejumlah halte diberbagai titik untuk memudahkan masyarakat yang akan menyaksikan pertandingan ke arena pertandingan atau venue. Secara gari besar, nantinya rute bus Transjakarta akan melalui jalur tol di mana dari Wisma Atlet Kemayoran hingga arena pertandingan.

“Meskipun memang ada rute non tol sebagai back up tapi utamanya menggunakan jalur tol dan selama jalur tol itu tidak ada gangguan insyaallah akan bisa berjalan sesuai rencana,” terangnya.

Untuk sosialisanya sendiri, pihak Transjakarta akan memberikan sosialisasi dan informasi terhadap masyarakat baik melalui meda sosial ataupun dengan cara turun ke lapangan seperti uji coba kebijakan ganjil genap. Nantinya diharapkan masyarakat tidak mengalami kebingungan saat Asian Games 18 Agustus 2018 berlangsung.

“Nanti Transjakarta akan memberikan informasi titik-titik untuk shutle keberangkatan shutle ke venue dan nanti diumumkan lewat media, sosmed seperti juga kita kemarin mengumumkan kebijakan ganjil genap. Jadi nanti Transjakarta yang akan menyiapkan itu semua,” pungkasnya.